Home » , , , , » Pembuatan Embung Pertanian Dimulai

Pembuatan Embung Pertanian Dimulai

Written By Kim Potro on Senin, 02 Juni 2014 | Senin, Juni 02, 2014

Kepala Desa Sedahkidul Mengunjungi Lokasi Embung I
Sedahkidul, Kimsepo - Pembuatan Embung untuk Pertanian Sedahkidul sudah mulai dikerjakan sejak Senin sore (26/05/2014).  Hari ini (28/05/2014) Escafator milik Dinas Pengairan Kabupaten Bojonegoro sedang melakukan penggalian tanah untuk embung I. Lokasinya di tanah kas desa bersebelahan dengan makam desa Kare. Luas lahan sekitar 1000 meter persegi.  Embung I ini dimaksudkan untuk mencukupi kebutuhan air pertanian daerah puthuk di bagian barat desa sedahkidul.

Pada kunjungan Pemerintah Desa di lokasi penggalian yang diikuti KimPot, tampak escafator sedang melakukan "cut and fill" menata tanggul dan membuat mulut embung. Kunjungan itu dilakukan oleh Kepala Desa Sedahkidul Muhammad Choirul Huda, Sekretaris Desa Pujianto, KAUR Pembangunan Yadik dan Kepala Dusun Ahmad Patekun. Kunjungan itu diterima Oleh Mandor Escafator Jaka (34). Ia mengatakan bahwa pengerjaan pada hari ke-3 ini sudah mencapai hasil 60%.

"Penggalian sudah mencapai kedalaman 3 meter. Dindingnya kami buat berundak agar saat dimasuki air nanti, tanggulnya tidak longsor. Tanah galian kami buat tanggul kemudian mulut embung dibuat landai". jelasnya.

Kades Choirul Huda dan perangkat desa tampak bersemangat menerima penjelasan tersebut.

Menurut Kades termuda ini, Proyek pembuatan embung sedahkidul dilakukan oleh Dinas Perngairan Bojonegoro. Sedahkidul akan membuat 2 embung. Embung I di tanah kas desa sedahkidul untuk pertanian daerah puthuk dan Embung II di Suro Geneng untuk pertanian sebelah utara balai desa sedahkidul. Pengerjaannya akan dilakukan setelah Embung I selesai.

"Moga saja embung ini bisa digunakan secara maksimal. Besok, escafator masih mengerjakan Embung I. Setelah penggalian Embung I ini selesai, escafator akan dibawa ke Suro Geneng untuk mengerjakan pembuatan Embung II." katanya.

Proyek Embung ini menjawab suara warga kemarin. Harapan warga "Petani Sedahkidul Butuh Embung",  kini terjawab. Warga sangat antusias menerima embung ini.

Ketika di temui KimPot, Petani di sekitar embung merasa gembira seakan ada harapan baru untuk peningkatan hasil pertaniannya. Seperti halnya Sukarman (56) pemilik lahan pertanian sebelah barat embung ini menyambut baik proyek ini.

"Wahh, Saya nurut saja. Andai butuh tempat pembuangan tanah galian, urugkan pada sawah saya, silakan saja." jawabnya sambil mengulum senyum senang.

Penulis : Rosidin - Kimsepo






0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved