Pentas Seni Reog

Written By Kim Potro on Senin, 26 Mei 2014 | Senin, Mei 26, 2014

Sedahkidul - Pertunjukan Pentas Seni Tari Barong (Reog) dan Ketoprak Ronggo Romo tampil di Sedahkidul. Pertunjukan ini berlokasi di kediaman Suyanto pada hari Minggu (25/05/2014).

"Pertunjukan kesenian ini diadakan dalam rangka merayakan khitanan dan ulang tahun anak kami.  Selain itu juga dalam rangka melestarikan kesenian reog yang sekarang makin sedikit peminatnya. Kesempatan ini juga kami gunakan sebagai ajang kumpul para seniman reog." ujar Suyanto yang juga berprofesi sebagai  pelaku kesenian reog.

Dalam kesenian yang diadakan minggu malam itu para warga sedahkidul berbondong-bondong menyaksikan pertunjukan seni ini. Tidak hanya dari desa sedahkidul, penonton juga datang dari desa tetangga. Seperti desa pojok, punggur, tlatah, pelem, tinumpuk, kaliombo, ngrejeng dan purwosari. Mereka antusias menyaksikan pertunjukan ini. Menumpuknya penonton menyebabkan jalan raya jurusan Ngambon menjadi mancet. Namun untuk kondisi masih dalam keadaan kondusif, aman dan terkendali.

Pertunjukan seni reog ini menampilkan berbagai tarian dan atraksi. Seperti tari gamyong, tari topeng, tari barong, tari kadak merak (empyak). Pertunjukan dilanjuk dengan pertunjukan sandiwara ketoprak dengan judul " Mencari Kitab Suci". Pertunjukan ini ditutup dengan atraksi makan ayam hidup-hidup. (Muslih - kimsepo)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved