Home » , , , » Petani Sedahkidul Butuh Embung

Petani Sedahkidul Butuh Embung

Written By Kim Potro on Kamis, 22 Mei 2014 | Kamis, Mei 22, 2014

Juri
Sedahkidul - Sebagian besar penduduk Sedahkidul memiliki mata pencarian dengan bertani. Luas lahan pertanian di desa ini hanya sekitar 73 hektar. Dari jumlah ini, terdapat 20 hektar sawah yang bisa ditanami padi dengan irigasi. Sedangkan 53 hektar lainnya berupa ladang kering yang hanya dapat ditanami palawija. Sekali pada musim hujan, padi dapat ditanam di ladang ini. Namun terkadang air hujan sudah keburu habis sebelum padi dapat dipanen.

Menurut Juri (44) warga Loran desa Sedahkidul, lahan pertanian di desa ini sebagian besar hanya mengandalkan air hujan. sehingga padi hanya bisa ditanam sekali saja dalam kurun waktu satu tahun yakni pada musim penghujan. Menurutnya, hanya ada sekitar 20 hektar lahan yang bisa panen 2 kali melalui bantuan irigasi dari sungai kali Gandong. Namun tanah itu sebagian besar tanah bengkok garapan perangkat desa.
Ia berharap ada bantuan embung tandon air untuk pertanian. Sehingga lahan pertanian yang semula kekurangan air, dapat terpenuhi dari embung ini. Pada akhirnya nanti, semua petani di sedahkidul merasakan panen padi 2 kali per tahun.

Ketika ditemui di ruang kerjanya pada Senin (19/05), Kepala Desa Sedahkidul M.Choirul Huda (29) menegaskan bahwa pihaknya sudah mengajukan embung untuk pertanian pada awal mei lalu. Menurutnya, Dinas Pengairan Bojonegoro telah menyetujui proyek embung tersebut dan akan dikerjakan sekitar bulan September-Oktober mendatang.

"Awal Mei kemaren, Saya sudah mengajukan proyek embung tersebut. Ada respon positif dari dinas pengairan. Katanya akan direalisasikan sekitar bulan September-Oktober nanti." tegasnya.
(Rosidin-KIM SPot)


0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved