Home » , » Budidaya Ikan Tingkatkan Pendapatan di Bojonegoro

Budidaya Ikan Tingkatkan Pendapatan di Bojonegoro

Written By KIM Sendang Potro on Rabu, 18 Juni 2014 | Rabu, Juni 18, 2014

Bojonegoro, menuju kesejahteraan banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari pemanfaatan tanah pekarangan sampai dengan bagaimana mengintensifkan lahan dengan aneka budidaya mulai dari bidang pertanian maupun peternakan dan perikanan. Perikanan salah satunya dinilai memiliki prospek yang menjanjikan dengan keuntungan yang melimpah dan teknik budidaya yang sederhana. Demikian diantara sambutan Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, M.Si saat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Desa Duyungan Kecamatan Sukosewu, Rabu (18/6) pagi tadi.

Bupati dihadapan hadirin yang hadir menyampaikan bahwa di Desa Duyungan ada orang yang sudah berhasil melakukan budidaya lele, dan memiliki prospek yang sangat menjanjikan. berdasarkan cerita mereka yang membudidayakan ternak lele ini, dalam waktu 2,5 bulan sudah mulai panen dengan keuntungan setiap kilogramnya yakni 4000 rupiah. Dengan perhitungan biaya perawatan setiap kilogram dikalkulasi 10.000 rupiah dengan nilai jual 14.000 rupiah sehingga laba bersih 4000 rupiah. Dan yang lebih menjanjikan dimana kebutuhan lele ini dipasar Bojonegoro sangat prospektif. Dicontohkan Bupati, wilayah Kecamatan Baureno misalnya jumlah pasokan ikan lele masih sedikit dan untuk memenuhi kebutuhan harus mendatangkan dari luar Bojonegoro.

Dijelaskan Bupati melihat hal ini hendaknya para warga Bojonegoro mau dan bersedia membudidayakan ikan lele. Apalagi ikan lele ini relatif lebih mudah dan tidak memerlukan penanganan yang khusus. Masih dalam sambutannya, Bupati Kang Yoto menegaskan bahwa selama mau kreatif maka banyak jalan untuk mampu meningkatkan kesejahteraan kita. Dengan kolam ukuran 4x4 meter saja sudah menghasilkan keuntungan 8 juta dalam satu kali musim panen. Bisa dibayangkan jika sektor perikanan ini digerakkan maka akan mempunyai resonansi pada bidang lainnya yakni tumbuhnya sektor rumah tangga dan industri kecil pengolahan ikan, rumah makan maupun lainnya disisi lain juga meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

Selain itu, kedepan dalam rangka meningkatkan dan mensukseskan gerakan Gemarikan ini, Bupati berharap agar SKPD terkait melibatkan semua unsur yang ada mulai, guru, pelajar, organisasi wanita dan pemuda untuk turut serta. Salah satunya dengan menggelar lomba cipta menu dan kreasi menu makanan berbahan dasar ikan yang diperuntukkan khusus pelajar dan pemuda. Jangan kaum ibu atau Tim Penggerak PKK yang dijadikan objek, namun kalangan muda. Karena mereka yang muda harus mendapatkan pemahaman tentang pentingnya mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan kecerdasan.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Bojonegoro, Ir. Subekti dalam laporannya menjelaskan bahwa gemarikan ini dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Bojonegoro. Selain itu mengenalkan pentingnya manfaat konsumsi ikan khususnya adalah generasi muda Bojonegoro untuk mendukung kecerdasan mereka. Dilaporkan pada lomba ini juga dilaksanakan kegiatan lain dalam rangka memeriahkan diantaranya lomba memasak ikan yang diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Bojonegoro. Lomba mewarnai dan melukis tingkat TK dan SD sekecamatan Sukosewu.Selain itu dongeng dan sosialisasi manfaat mengkonsumsi ikan kepada pelajar di Kecamatan Sukosewu.

Turut hadir pula dalam kesempatan ini, Ketua Forikan Bojonegoro, yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro, Ibu Hj. Mahfudhoh Suyoto Msi yang didampingi oleh Anggota TP PKK Kabupaten. Sebelumnya Bupati dan Ketua Forikan meninjau budidaya ikan milik warga yang kemudian dilanjutkan dengan melihat dan mencicipi aneka menu olahan ikan yang disajikan oleh peserta lomba masak ikan. 

Acara Gemarikan ditandai dengan penekanan sirine oleh Kang Yoto, Ketua Forikan Bojonegoro, Camat Sukosewu Titik Harimami, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan serta Bank Jatim yang mendukung kegiatan ini. (Humas)

Sumber Informasi : Siaran Pers Humas Pemkab Bojonegoro Rabu, 18 Juni 2014

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved