Home » , , , , , , , » Dodol Terong Oleh - Oleh Khas Bojonegoro

Dodol Terong Oleh - Oleh Khas Bojonegoro

Written By KIM Sendang Potro on Senin, 09 Juni 2014 | Senin, Juni 09, 2014

Dodol Terong Siap Dipasarkan
Purwosari - Kabupaten Bojonegoro terkenal dengan oleh-oleh khas yaitu ledre. Namun, di Desa Donan Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro mempunyai terobosan baru terkait oleh-oleh khas yaitu menyulap terong menjadi dodol. Seperti apa dodol terong dan bagaimana ceritanya?

Ini adalah terobosan baru yang dikembangkan oleh warga desa Donan. Setelah dilakukan penelitian ternyata terong mempunyai khasiat yang hebat, salah satunya yaitu mampu mencegah kanker. Di Desa Donan warga mengembangkan ide baru yaitu memanfaatkan terong sebagai  salah satu bahan utama pembuatan dodol. Pertama kali mereka membuat makan ini bermula dari Mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Donan dan mereka ditantang oleh pemerintah desa untuk mekukan inovasi lain yang berbahan dasar buah terong.

“Ahirnya setelah melalui proses mereka mengusulkan untuk membuat dodol yang berbahan dasar terong. Mahasiswa KKN dan Ibu PKK Desa Donan merealisasikan ide tersebut. Untuk pembutan dodol terong ini memerlukan waktu yang cukup lama yaitu 4 jam. Setelah dipasarkan tenyata respon masyarakat setempat sangat bagus. Namun kendala dari pembuatan dodol terong ini adalah baru bisa dibuat di musim tanam terong saja. Selain itu juga untuk ijin pemasaran dan halal belum diajukan ke BP POM. Jadi untuk pemasaran produksi yang lebih belum berani.” Ungkap dari Endri Wiyarti istri Sekretaris Desa Donan.
Dodol Terong Selesai Pengolahan

Berikut ini beberapa manfaat terong untuk kesehatan :
1. Menghampat kerusakan pembuluh darahAnti kangker , anti kejang, serta pendepak gangguan pembuluh darah.

2. Meghilangkan rasa gugup
Terong hijau mengandung skopolamin, strikin dan skoparon yang mampu menghambat serangan sawan, rasa gugup, dan juga kekejangan saraf. Untuk itulah buah ini biasa digunakan untuk mencegah serta mengobat serangan epilepsi san penyakit kejang-kejang lainnya.

3. Menghilangkan rasa nyeri
Sayuran ini juga bisa digunakan untuk mengobati campak, ketergantungan pada alkohol, luka bakar, cacar air, serta gastritis.

4. Mencegah kanker
Jus terong mampu menekan kerusakan sel-sel dengan penyimpanan kromosom sebagai pertanda adanya kanker di dalam tubuh. Kandungan tripsin inhibitor yang terdapat di dalam buah ini di yakinin mampu melawan serangan zat yang dapat memicu kanker.(Muslih/Syaiful/KIM SPot)


8 komentar:

  1. wah enak tu.
    kapan bikin lagi? kita tak main ke Sedah.. hehehehe
    kunjung balik ya di http://kimgrade.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget... silahkan mampir di balai desa Sedahkidul.... oke....

      Hapus
    2. Yang benar "Dodol Donan" asli dari Desa Donan Kecamatan Purwosari - Bojonegoro tetangganya Desa Sedahkidul

      Hapus
  2. "DTD=Dodol Terong Donan"........ ayo dikembangkan produksinya,,, dibantu publikasinya dan marketnya, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat............

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap pak.. namun untuk produksi dam pemasaran masih ada kendala apakah ada yang bisa membantu?

      Hapus
    2. untuk produksi baru bisa dilakukan pada musim terong, karena setok bahan baku dan ini pun produk baru dibuat pada januari kemarin, jadi masih dalam proses pengembangan dan belum berani memproduksi dalam jumlah yang besar. Lalu untuk pemasaran belum berani keluar karena pada saat dicoba untuk pemasaran keluar tanggapan bagus namun satu kendala yaitu belum mempunyai ijin pemasaran resmi dari BPOM RI dan lebel HALAL dari Majelis Ulama Indonesia jadi untuk toko oleh-oleh makan pun belum berani menerima order.

      Hapus

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved