Home » , , , , » Potensi Terong di Desa Donan Kecamatan Purwosari

Potensi Terong di Desa Donan Kecamatan Purwosari

Written By KIM Sendang Potro on Senin, 09 Juni 2014 | Senin, Juni 09, 2014

Perkebunan Terong
Purwosari - Donan merupakan salah satu desa di Kecamatan Purwosari  yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Padangan dan Kecamatan Tambakrejo. Donan juga terkenal sebagai desa penghasil terong terbesar di kawasan Bojonegoro bahkan bisa jadi di Jawa Timur.

Di Desa Donan, terong merupakan penghasilan utama warganya. Selain menanam tanaman lainnya. Tanaman yang tidak tahan terhadap air yang terlalu banyak atau menggenang  namun juga membutuhkan air yang pas ini memang cocok ditanam di desa ini yang berada didataran tinggi. Jika anda berkunjung ke desa ini saat musim penghujan pasti pemandangan di sekeliling sawah adalah perkebunan terong.

Panen terong
“Hampir setiap warganya di musim penghujan menam terong ini dikarenakan tempatnya di dataran tinggi yang bagus untuk terong. Jika mereka menanam padi di musim penghujan kurang bagus karena kurangnya pasokan air yang besar. Hasil yang diperoreh pun berbeda jika menanam padi hanya bisa memanen satu kali per musim dan hasilnya jika dirupiahkan hanya sekita 4-5 juta itu pun paling bagus. Namun jika menanam terong dalam jangka 3 bulan sudah mampu memetik hasilnya. Setelah 3 bulan mampu memanen seminggu sekali selama musim penghujan berlangsung atau 3-4 berikutnya. Untuk sekali panen mereka mampu menghasilkan sampai 8-10 truk. Hasil panen permusim dari terong ini bisa mencapai 10-12 juta” ucap Kepala Desa Donan. (Muslih/Syaiful/KimSP)



2 komentar:

  1. ini bisa jadi agrowisata alias belanja terong secara live hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip... Wisata Bojonegoro yang cocok memang agrowisata... Agrowisata Belimbing, Salak, Jambu Merah, Jambu Kristal, Klengkeng dsb

      Hapus

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved