Home » , » Giliran Gayam Jadi Ajang Pembinaan KIM 4

Giliran Gayam Jadi Ajang Pembinaan KIM 4

Written By Kim Potro on Rabu, 04 Juni 2014 | Rabu, Juni 04, 2014

Pembukaan Lomba KIM di Wilker 4 Gayam
Gayam - Pembinaan Lomba KIM Berbasis IT 2014 Wilayah Kerja Bojonegoro 4 diselenggarakan oleh Dinas KOMINFO Bojonegoro di Pendopo Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan KIM hari Selasa 3 Juni 2014 yang di mulai pukul 10.00 WIB ini dibuka oleh Sekcam Gayam Jaelani (54). Acara ini didampingi oleh Relawan TIK, Blogger Bojonegoro dan Media Center Bojonegoro. Lomba ini Diikuti 28 Peserta  yang mewakili 6 kecamatan. Diantaranya  Gayam, Ngasem, Kedewan, Malo, Purwosari, Kalitidu.

Jaelani mengatakan bahwa Pemerintah Bojonegoro saat ini sedang menggiatkan pemberdayaan desa melalui peningkatan potensi desa. Setiap desa diharapkan memiliki komoditas unggulan. Nantinya hasil-hasil komoditas ini dapat diketahui dengan mudah oleh semua warga Bojonegoro khususnya dan semua orang pada umumnya. Karenanya semua potensi desa ini diinformasikan melalui internet.


Masih menurutnya, salah satu cara  menginformasikan potensi ini adalah dengan membuat blog untuk tiap desa. Dengan blog ini, informasi apa saja yang ada di desa dapat tertampung dan dapat diakses semua orang di seluruh dunia dengan mudah.

Perwakilan KIM dari Kec. Purwosari
Senada di atas, Kusnandoko dari Dinas KOMIMFO Bojonegoro mengatakan identifikasi KIM. “ KIM singkatan dari Kelompok Informasi Masyarakat. Kim Identik dengan Klompencapir (Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pirsawan) yang populer di tahun 1980-an .  Seiring Perkembangan jaman, pemerintah mengikuti perkembangan IT, sehingga mengarah pada informasi secara online melalui internet. Ahirnya sekarang menjadi KIM ( Kelompok Informasi Masyarakat ) yang berbasis IT.” Katanya dalam sambutan.

Masih menurutnya, dalam bidang informasi, selalu terkait dengan Sumber informasi, Penerima informasi, Subtansi dan Media informasi. Karenanya dibentuklah KIM ini sebagai subtansi yang bertujuan untuk mengespos potensi – potensi yang berada di desa atau kecamatan.

Disebutkan pula olehnya, tujuan dibentukmya KIM adalah :
  1. Memberitakan kepada lingkungannya tentang informasi apa saja yang ada di desa dan sekitarnya.
  2. Setiap desa mempunyai website. 
  3. Mendorong pemberdayaan masyarakat melalui IT. 
  4. Melakukan pengembangan kemampuan melalui IT.

Diakhir sambutannya, ia mengatakan bahwa di seluruh indonesia, sudah ada KIM namun mereka belum banyak yang mampu menggunakan IT.  Dengan adanya pembinaan  KIM ini, maka bojonegoro yang mengawali KIM dengan basis IT.

Acara selanjutnya, dilakukan pendampingan pembuatan situs yang dipandu perwakilan dari Media Center Bojonegoro. Dijelaskan pula hal-hal yang perlu diinformasikan oleh kim, cara penyiaran informasi dan perlombaan situs blog  sebagai media penyiaran informasi. Tidak ketinggalan penjelasan tentang aturan dan point yang dinilai dalam lomba.

Pendampingan kemudian dilanjutkan dengan tehnik pembuatan blog yang akan dilombakan oleh perwakilan dari Relawan TIK dan dibantu oleh Blogger Bojonegoro. Mereka memandu lansung pembuatan blog dan menerangkan hal-hal yang perlu diisikan dalam blog. Rata-rata semua peserta yang menjadi utusan dari 6 kecamatan ini telah mengauasai IT dan mampu membuat blog. Kontan saja semua peserta langsung memanfaatkan waktu tersebut. Masing masing terlihat sibuk membenahi dan mempercantik tampilan blognya masing-masing.

Penulis : (Rosidin-Kimsepo)



0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved