Home » , , , , , » Kambing Etawa Bantuan Dinas Peternakan Bojonegoro

Kambing Etawa Bantuan Dinas Peternakan Bojonegoro

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 27 Juni 2014 | Jumat, Juni 27, 2014

Sedahkidul - Kelompok Ternak Sedahkidul mendapat Bantuan Kambing Etawa dari Dinas Peternakan Bojonegoro sebanyak 11 ekor pada Jumat (27/6). Bantuan kambing yang terdiri dari 10 kambing betina dan 1 kambing pejantan ini ditempatkan di rumah Moh. Kusen (50) warga RT.05 RW.02 Desa Sedahkidul.

Dari pantauan KIM SPot di lokasi, Kandang Kambing yang disiapkan beberapa waktu lalu dibuat khusus untuk ternak ini. Model kandang panggung dari bambu dengan ukuran 2 x 10 meter disekat menjadi 10 ruang. Atap menggunakan genteng dan dinding samping tetap terbuka namun berjeruji dengan maksud agar sirkulasi udara tetap lancar.

Moh. Kusen tampak sedang memberi makan ternaknya. Pakan ternak yang diberikan adalah rumput, daun pisang dan daun tumbuhan lainnya yang ditaruh pada tempat pakan. Menurutnya, kambing-kambing otawa itu menghabiskan banyak pakan.

"Kalau dihitung, pakan yang dihabiskan kambing ini hampir sama dengan memelihara 3 ekor sapi" katanya.

Menurutnya, untuk membantu penyediaan pakan ternak, Ketua Kelompok Ternak Pariyo memasok pakan ternak dengan rumput dan dedak.

Tampak kondisi kambing etawa itu tidak begitu sehat. Ada 4 diantaranya yang mengeluarkan lendir dari hidung seperti penyakit pilek. Moh Kusen berharap agar dalam waktu dekat diberikan pelatihan khusus cara memelihara kambing etawa dan cara menjaga kesehatannya. (KIM SPot)




4 komentar:

  1. Gan mau tanya, jasa kawin suntik kambing di bojonegoro dmn ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jasa kawin suntik kambing itu pernah saya tanyakankan saat layanan publik. saya disarankan ke Mantri Ternak di kecamatan setempat. Kalau di tempat saya, Petugasnya tinggal di Desa Tlatah Kecamatan Purwosari

      Hapus
    2. pak ,ada anakan jantan etawa yang umur 2 bulan ?

      Hapus
  2. mas ada anakan jantan etawa yg di jual ga ?

    BalasHapus

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved