Home » » Kerjasama Pemkab Bojonegoro dan Perhutani Kian Dekat

Kerjasama Pemkab Bojonegoro dan Perhutani Kian Dekat

Written By KIM Sendang Potro on Rabu, 11 Juni 2014 | Rabu, Juni 11, 2014

Bojonegoro, Untuk mewujudkan ketahanan pangan di Bojonegoro tentunya memerlukan upaya yang luar biasa salah satunya adalah faktor media yakni lahan yang luas, namun keterbatasan lahan menjadi kendala yang harus disikapi dengan cerdas dan bijaksana. Melihak hal ini Pemkab Bojonegoro mengambil langkah inisiatif dengan bekerjasama dengan Perhutani yang berada di wilayah Bojonegoro.

Harus diakui bahwa sebagai besar lahan di Bojonegoro berada dalam wilayah Perhutani, oleh karenanya untuk mewujudkan ketahanan pangan ini hendaknya melibatkan Perhutani. Tidak bisa dipungkiri bahwa kerjasama ini harus dilakukan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Bojonegoro sekaligus juga menyentuh daerah-daerah yang terisolir yang berada dalam kawasan hutan tentunya.

Oleh karenanya, siang ini Bupati Bojonegoro didampingi Sekretaris Daerah Soehadi Moeljono dan Dinas terkait melakukan pertemuan dengan Perhutani Bojonegoro untuk membahas kerjasama lebih lanjut pemanfaatan kawasan perhutani.

Administratur Perhutani Bojonegoro, Anggar Widiyatmoko ketika dikonfirmasi Humas menjelaskan bahwa pertemuan yang dilakukan siang ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang dilaksanakan oleh Bupati Bojonegoro dengan Direktur perencanaan dan pengembangan bisnis perhutani terkait dengan kegiatan kegiatan yang ada dikawasan hutan yang ada diwilayah KPH yang ada di wilayah Bojonegoro. Menurut Anggar kerjasama akan meliputi beberapa hal diantaranya listrik dan waduk, bahkan infrastruktur jalan yang berada dikawasan perhutani. Selain bidang tersebut, untuk mengantisipasi lahan kritis nantinya akan dibudidayakan tanaman kemiri luasan dilahan yang sangat luas,  Selain itu juga kerjasama untuk pembudidayaan tanaman tepi dan teduhan yang berada dikawasan hutan Perhutani.

Sementara itu dalam pertemuan yang digelar di Rumah Dinas Bupati beberapa kegiatan yang akan dikerjasamakan antara Pemkab Bojonegoro dengan Perum Perhutani meliputi dua hal, yakni penggunaan kawasan hutan dan kerjasama pemanfaatan kawasan hutan. Penggunaan kawasan hutan diantaranya adalah pinjam pakai dan kerjasama, bahkan jika dimungkinkan terjadinya tukar menukar lahan. Dari kegiatan ini pula akan terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan diantaranya adalah pembangunan waduk gongseng yang masuk dalam wilayah KPH Bojonegoro, jaringan listrik desa yang meliputi KPH Padangan dan KPH Bojonegoro. Pembangunan embung yang masuk dalam wilayah KPH Bojonegoro. Kegiatan lain adalah pengerasan jalan melalui alur di kawasan KPH padangan dan uji coba demplot ternak sapi di kawasan KPH Bojonegoro.

Sementara itu untuk kerjasama pemanfaatan kawasan hutan meliputi beberapa bidang kegiatan yakni penanaman buah jambu biji, pembangunan kebun raya ( Arboretum) dan penanaman tanaman porang dibawah tegakan kesemuanya berada diwilayah KPH Bojonegoro. Sedangkan yang berada dalam kawasan KPH Parengan meliputi Penyedian HMT yang merupakan kerjasama dengan dinas Peternakan dan penanaman empon-empon dibawah tegakan yang merupakan kerjasama Dinas Kehutanan dan Perkebunan. Kesemua kerjasama yang dilakukan ini adalah bentuk kerjasama non komersial, sedangkan yang mengarah pada komersial meliputi pembangunan lapangan terbang, pembangunan tempat pembuangan sampah dan pengolahan sampah serta pengelolaan wana wisata Kayangan Api. Kerjasama tidak hanya sebatas itu namun juga kerjasama yang melibatkan BUMD,BUMN dan swasta diantaranya adalah penanaman agroforesty sebagai lumbung pangan dan energy , pengelolaan wana wisata dander, penanaman kemiri sunan dilahan kritis di dikawasan hutan.

Sumber Informasi : Release Humas Pemkab Bojonegoro Selasa, 10 Juni 2014 15.33 WIB

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved