Home » , , , , , , , , » Menikmati Indahnya Api Biru "Bur-Buran" di Waktu Senja

Menikmati Indahnya Api Biru "Bur-Buran" di Waktu Senja

Written By KIM Sendang Potro on Minggu, 22 Juni 2014 | Minggu, Juni 22, 2014

Sedahkidul - Senja itu , kamis (12/6) lalu Tim KIM Sendang Potro melepas penat setelah meliput potensi sawo dengan mengunjungi "bur-buran".  Yaitu sejenis api menyala layaknya kayangan api tapi dalam sekala kecil. Kata bur-buran berasal dari kata bor berarti tempat bekas pengeboran minyak pada zaman Belanda. Namun ditinggalkan sebelum adanya proses eksploitasi.

Lokasi Bur-buran berada diperbatasan antara Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari dengan dukuh Samben Desa Mojodelik Kecamatan Gayam. Dari balai desa Sedahkidul, kita dapat mengikuti jalan masuk menuju wilayah RT.06.  Sampai di perumahan paling ujung, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 500 meter mengikuti jalan setapak menuju tepi bantaran sungai Gandong.

Saat senja tiba, nyala api Bur-buran tampak biru, indah memberi nuansa lain bagai di alam kahyangan. Bau belerang yang dikeluarakan dari asap api bur-buran ini menambah kesan mistis yang tak terlupakan.

Bila siang hari, oleh warga di sekitar lokasi api ini digunakan untuk bermain sambil membakar singkong, kacang tanah, jagung maupun ayam. Hingga saat ini belum ada penggunakan api dari bur buran ini untuk kegiatan domestik dan komersil.

Api indah dari bur-buran ini hanya dapat kita nikmati kala musim kemarau. Jika musim hujan, sungai gandong meluap dan bur-buran tergenang air . Sehingga api tidak dapat menyala.

Kami mengabadikan kenangan ini dengan kamera dan bermain api. Walau belum puas bermain, akhirnya kami pun harus pulang dari tempat itu karena hari mulai petang dan adzan maghrib pun berkumandang. (KIMSPot)

2 komentar:

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved