Bertani Sayur Bikin Makmur

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 05 Agustus 2014 | Selasa, Agustus 05, 2014

Sedahkidul - Petani jika ingin berhasil, jangan hanya berpikir menanam padi saja. Begitulah kata Ahmad Patekun (45) Ketua Kelompok Tani Setyo Bhakti Sedahkidul Kecamatan Purwosari Bojonegoro di Balai Desa pada Selasa pagi (5/8/2014).

Pria yang juga menjabat Kepala Dusun Sedahkidul ini menanggapi keluh kesah petani yang baru saja gagal menanam padi kedua. Ia menyarankan kepada warganya untuk menanam sayur-mayur pada saat ini. Menurutnya, dalam memasuki musim kemarau ini hendaknya petani menanam sayuran. Jadi petani tidak boleh hanya mengandalkan padi dan jagung saja.

Ia mencontohkan bahwa saat ini ada beberapa warganya yang berhasil dengan bertani sayur-mayur. Diantaranya Pariyo (52) warga RT.01 yang berhasil dengan tanaman kangkung, sawi dan terong. Ada pula Suman (58) warga RT.01 dan Tibroni (60) warga RT.02 yang berhasil dengan sayur Terong.

Berdasarkan kunjungan KimSPot di kebun sayur milik Pariyo, menunjukkan bahwa tanaman sayuran masih tampak segar. Pagi itu pemilik kebun kangkung, sawi dan terong ini sedang memanen kangkungnya. Menurutnya, ia merasa senang pada musim tanam sayur kali ini. Tanaman sayurannya bagus dan penjualannya pun mudah.

"Tiap pagi saya memanen kangkung satu gulung besar. Kemudian diikat kecil-kecil menjadi 100 ikat lalu dibawa ke pasar punggur. Di sana langsung diterima tengkulak seharga Rp 500,- per ikat. Jadi menjual sayur itu tidak sulit. Adapula pedagang sayur yang langsung mengambil sayur di kebun ini" katanya dengan wajah berseri-seri.

Senada hal tersebut, Suman yang berhasil dengan kebun terongnya merasa bangga. Menurutnya ia telah 2 kali memanen terong dari kebunnya.

"Terong saya laku 30 ribu rupiah tiap sak. Tiap hari diambil 20 sak oleh pedagang. Ternyata berkebun sayur itu menyenangkan." katanya sambil tersenyum bangga. (KIMSPot)

1 komentar:

  1. matoh gan, (monggo mampir dan follow blog sya) Trim : http://senfarid.blogspot.com

    BalasHapus

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved