Home » , , , , , , » Sosialisasi Jambu Biji Merah di Kecamatan Purwosari

Sosialisasi Jambu Biji Merah di Kecamatan Purwosari

Written By KIM Sendang Potro on Senin, 25 Agustus 2014 | Senin, Agustus 25, 2014

Gapluk - Kelompok tani tiga desa di Kecamatan Purwosari Senin (25/08/2014) mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan Jambu Biji di Balai Desa Gapluk. Kegiatan ini dihadiri oleh Sentot Suseno, Djoko Puju Wiyono dari Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Yusnita Liasari Camat Purwosari, Catur Mantri Pertanian Purwosari, Kepala Desa Gapluk, Kepala Desa Purwosari, Kepala Desa Kuniran dan Kelompok Tani 3 Desa (Gapluk, Kuniran dan Purwosari). Kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan Jambu Biji ini diprakarsai oleh Mahasiswa KKN PPM Universitas Gadjah Mada JTM-21.

Andhika Rakhmanda mewakili Mahasiswa KKN PPM Universitas Gadjah Mada JTM-21 dalam sambutannya mengatakan kegiatan sosialisasi ini dikemas dalam bentuk sinau bareng. Agar kegiatan lebih mengalir. Dengan adanya sumber minyak dan gas yang melimpah di Bojonegoro harus bisa dimaksimalkan. Semoga petani di sekitar pengeboran migas bisa memanfaatkan keberadaan migas. Karena dengan adanya migas tentu ada 2 hal yang harus diperhatikan yaitu dampak dan peluang, imbuhnya.

Yusnita Liasari, Camat Purwosari dalam sambutannya mengatakan bahwa Kecamatan Purwosari saat ini berada di sekitar pengeboran minyak dan gas bumi. Jadi, petani harus mengembangkan potensi pertanian sehingga bisa mengimbangi penghasilan pegawai tambang. Melihat wilayah tetangga yakni di Desa Kalisumber Kecamatan Tambakrejo merupakan penghasil gas JTB, tentu keberadaannya juga memberikan peluang yang besar di Kecamatan Purwosari. Terkait jambu biji merah, Kecamatan Purwosari akan memperoleh sekitar 7000 bibit. Harga bibit jambu biji merah mahal, jadi petani diharapkan mampu menanam dengan baik, imbuhnya.

Sentot Suseno Dinas Pertanian Bojonegoro menambahkan proses eksploitasi minyak dan gas tentu membutuhkan pasokan air yang banyak, oleh karena itu warga harus banyak menanam pohon. Salah satunya menanam jambu biji merah, imbuhnya.

Pantauan KIM SPot di lokasi, kelompok tani mengikuti rangkaian acara hingga akhir. Acara pun dilanjutkan materi tentang budidaya jambu merah oleh Djoko Pujo Wiyono Dinas Pertanian Bojonegoro dan penanganan pasca panen jambu biji merah oleh perwakilan Mahasiswa KKN PPM Universitas Gadjah Mada JTM-21. (KIM SPot)

2 komentar:

  1. Meski sampai saat ini belum terealisasi pengadaan bibit jambu merahnya.... mudah2an bisa terealisasi meski terlambat........ insya Allah jika yakin, pasti ada jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK kita kawal, mg program jambu merah segera terealisasi

      Hapus

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved