Home » , , , , » Macan Gilas Mesin Inovasi SMK Purwosari

Macan Gilas Mesin Inovasi SMK Purwosari

Written By KIM Sendang Potro on Kamis, 25 September 2014 | Kamis, September 25, 2014


Sedahkidul - Pagi ini Kamis(25/9/2014) SMK Negeri Purwosari tampak sibuk. Semua guru dan beberapa siswa tampak sibuk memesang Banner dan umbul-umbul di sepanjang jalan sekitar SMK dan Desa Sedahkidul. Kegiatan itu dimaksudkan untuk menyambut Tim Verifikasi Lomba Inovasi Alat Tingkat Propinsi Jawa Timur.

SMK Negeri Purwosari Bojonegoro mengunggulkan karyanya yang berupa mesin pencacah kompos yang di beri nama "Macan Gilas". Alat itu berupa mesin giling pembuat kompos dengan pisau cacah yang dimodifikasi sehingga lebih cepat dalam menghancurkan daun dan jerami untuk dibuat kompos. Hari itu, Tim verifikasi juga menyaksikan demontrasi penggunaan macan gilas dalam menghancurkan bahan kompos bersama 3 kelompok tani sedahkidul di balai desa.

Ketiga kelompok tani inilah yang telah membuktikan kehebatan macan gilas sebagai bantuan  kerja sama dari program Desa Mitra SMK Purwosari dengan sedahkidul pada awal tahun 2014 kemarin.

Seperti disampaikan Ketua Kelompok tani Setyo Bhakti Ahmad Patekun, Mesin Pembuat Kompos "Macan Gilas" memang hebat. Kini Semua Kelompok Tani di Sedahkidul telah menerapkan pemupukan pertanian dengan kompos. Hasil panen pun semakin meningkat katanya.

Ia merasa bangga dengan adanya inovasi mesin gilas kompos ini karena dapat meningkatkan hasil panen kelompoknya. Ia berharap SMK Purwosari memperbanyak produksi Macan Gilas tersebut agar kehebatannya dapat dinikmati oleh petani-petani lain di dalam dan di luar purwosari. (KIMSPot)

2 komentar:

  1. Semoga bermanfaat bagi masyarakat petani..., ayo membangun Indonesia dari Purwosari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap .... Memang Generasi muda di SMK Purwosari makin terlihat kemampuan alumnusnya diterima kerja pada berbagai perusahaan. Sekarang inovasinya diterima masyarakat. Ini persembahan buat negeri kita dari pelajar di Purwosari. Teruslah Maju, Ayo SMK Bisa !!!

      Hapus

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved