Home » , » Menggodok Laskar Pemberdayaan di Jambore PNPM-MP

Menggodok Laskar Pemberdayaan di Jambore PNPM-MP

Written By KIM Sendang Potro on Sabtu, 18 Oktober 2014 | Sabtu, Oktober 18, 2014

Malo - Jambore PNPM_MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan) Bojonegoro tahun 2014 diselenggarakan pada 18 dan 19 Oktober 2014. Lokasi Perkemahan ini di Halaman SDN 2 Tanggir Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Jambore ini diikuti pelaku PNPM atau biasa disebut dengan Laskar Pemberdayaan dari seluruh kecamatan se Bojonegoro sebanyak 27 kecamatan.

Dalam kegiatan ini, Peserta diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri. Laskar Pemberdayaan harus mampu meningkatkan kemampuan agar selalu tampil terdepan. Tim Kreatif menanamkan Roh keberanian dengan Yel-yel istimewa. Bunyi Yel-yel tersebut adalah :

X : Apa yang tidak boleh dikatakan mulai sekarang dan seterusnya ?
Y : Kami
X : Apa yang tidak boleh dikatakan mulai sekarang dan seterusnya ?
Y : Kita
X : Apa yang harus dikatakan mulai sekarang dan seterusnya ?
Y : Saya
X : Siapa saya?
Y : Bojonegoro
X : Bojonegoro
Y : Matoh

Berdasarkan Pantauan KIMSPot, Jambore PNPM-MPd ini dibuka sejak pukul 10.00 WIB pagi tadi. Kemudian dilanjutkan dengan permainan out bond yang dibimbing oleh Tim Out Bond FIRST dari Malang Jawa timur. Mereka berbaur memupuk rasa kerja sama melalui permainan Burung-Sangkar dan mengoper tongkat estafet beregu melalui atas kepala dan di bawah dengan menggunakan lutut.

Setelah istirahat siang, acara dilanjutkan dengan pembinaan laskar pemberdayaan oleh PJOKab Bojonegoro Masirin. Ia mengingatkan agar semua peserta meningkatkan kemampuan komunikasi agar terjalin kerjasama yang kuat. Ia juga membeberkan trik dan strategi komunikasi agar selalu berhasil.

Kemudian sekitar pukul 14.00 WIB, Kegiatan dilanjutkan dengan Penjelajahan Laskar Pemberdayaan dengan  melalui rute bengawan solo - hutan - pemukiman penduduk dan kembali di sekretariat jambore. Peserta singgah di 3 pos penjelajahan. di setiap pos, peserta diberi tugas menjawab pertanyaan yang berbeda-beda.

Berdasarkan jadwal, pada malam harinya diadakan pesta api unggun di tengah bengawan solo. Acara ini akan dihadiri oleh Deputi Menko Kesra RI Sujana Rukiyat, Bupati Bojonegoro Suyoto serta Kepala BPMPD Bojonegoro Djumari. Acara tersebut akan diakhiri pada Minggu (19/10/2014). (KIM SPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved