Home » , , , » Teguh Meubel, Pengrajin Kayu Jati

Teguh Meubel, Pengrajin Kayu Jati

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 31 Oktober 2014 | Jumat, Oktober 31, 2014


Sedahkidul-Kebutuhan perkakas bahan bangunan dari kayu jati masih menjadi primadona di Sedahkidul dan sekitarnya. Namun bahan baku kayu jati semakin langka saja. Sehingga harga pun makin naik mengikuti kurs  harga emas.

Atas keadaan itu, Teguh (34) warga Sedahkidul RT 1 RW 1 Kecamatan Purwosari, Bojonegoro mengambil peluang dengan membuat kusen, pintu dan jendela dengan bahan baku kayu jati dengan harga terjangkau. Bapak satu anak ini mahir membuat kusen jati dan terjual dirumahnya saja. Produknya habis terjual dibeli warga setempat dan tetangga desa.

Sejak berdiri dari tahun 2013 lalu, industri rumahan ini telah menghasilkan berbagai kusen, daun pintu dan jendela dari kayu jati. Produk kusen jati untuk jendela ukuran panjang 1,5 X lebar 1 meter dengan bahan 6X10 cm dihargai 750 ribu rupiah. Daun pintu kayu jati ukuran  0,82 X 2 meter dijual dengan harga 650 ribu rupiah. Adapula daun jendela variasi kaca dijual seharga 350 ribu rupiah.

Ketika ditemui KIMSPot di rumah produksinya pada pertengahan oktober lalu, Teguh menuturkan bahwa pembelinya tidak hanya warga Sedahkidul saja. Mereka berasal dari desa-desa tetangga juga.

"Wah, yang beli pintu dan kusen ini bukan hanya warga sini aja, Mas. Ada pula yang dari Glagah, Ngambon, Kaliombo, Bojonegoro, Purwosari, Ngraho dan juga dari Cendono Padangan. Seingat saya, sudah lebih dari seratus lembar pintu terjual sejak saya mulai industri ini." Kata Teguh di disela-sela kegiatan memahatnya.

Bagi Pembaca yang ingin mengetahui produk-produk hasil industri Teguh Meubel, dapat Anda lihat di sini. (KIMSPot)

4 komentar:

  1. selain potensi buah sawo, ternyata juga mempunyai potensi meubel kayu jati nya juga, semoga menjadi produk unggulan desa Sedahkidul...mantappp !!!

    BalasHapus
  2. Ya, harga meubelnya juga terjangkau. Kalau beli meubel di sini, bisa mampir untuk menikmati buah sawo.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Langsung datang ke Desa Sedahkidul Kec. Purwosari Kab. Bojonegoro

      Hapus

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved