Home » , » Hujan Datang, Tanda Pergantian Musim

Hujan Datang, Tanda Pergantian Musim

Written By KIM Sendang Potro on Sabtu, 08 November 2014 | Sabtu, November 08, 2014

Sedahkidul-Hujan deras mulai turun mengguyur wiayah Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari dan sekitarnya pada Jum'at sore (7/11/2014). Hujan yang turun menandai pergantian musim dari kemarau menjadi musim hujan ini berlangsung selama 1 jam. Yaitu dari jam 16.30 sampai jam 17.30 waktu setempat. Curah hujan yang dihasilkan sekitar 15 cm.

Hujan pertama ini disambut gembira oleh anak-anak di kampung kami. Di jalan desa, mereka berlari-lari kecil sambil bermain hujan. Ada pula yang berteduh di bawah pohon mangga, sambil menunggu mangga yang jatuh. Bila ada mangga jatuh, mereka berebut. Di sini berlaku hukum "siapa cepat, dia dapat."

Akibat dari hujan ini, masalah kekeringan yang melanda warga sedahkidul kini telah teratasi. Sumur patok dan sumur pompa hidup kembali. Sungai Jambe dan Sungai Gandong mulai terisi air.

"Alhamdulilah, sumurku sudah lancar lagi. Hujan tadi sore cukup deras. Besok sudah bisa tanam kacang hijau" Kata Kasri (39) warga pencol Sedahkidul. Ibu 1 anak ini juga merasakan sulitnya air di musim kemarau beberapa hari kemarin.

Saat berita ini diturunkan pada Sabtu pagi (8/11/2014), udara sedahkidul terasa segar dan bersih tanpa debu. Sedah kidul diwarnai aktifitas para petani. Hampir semua petani sedahkidul berangkat menuju sawahnya sambil membawa "gejik" (tugal) dan bibit kacang hijau. Ada yang naik sepeda, ada pula yang berjalan kaki.

"Saya berangkat ke sawah mumpung hari masih pagi. Saya mau nanam kacang ijo di tegal puthuk" kata Jimah (42) kepada KIMSPot ketika berpapasan di jalan desa.

Memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Sedahkidul menanam kacang hijau di ladang dan sawahnya pada "musim laboh" (musim hujan awal dengan curah hujan belum tinggi). Mereka memanfaatkan lahan pertanian sambil menunggu hujan besar untuk tanam padi di sawah. Karena sebagian besa pertanian sedahkidul menggunakan sawah tadah hujan. (KIMSPot)



0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved