Industri Ledre Sedahkidul

Written By KIM Sendang Potro on Senin, 03 November 2014 | Senin, November 03, 2014

Sedahkidul-Ledre adalah makanan kering berbentuk bulat dan lonjong berbahan baku dari pisang raja. Rasanya manis, renyah dan gurih di lidah. Sangat cocok untuk camilan suguhan tamu maupun saat santai. Tak heran kalau makanan ini menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Bojonegoro.

Di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Bojonegoro, ada sekitar 8 orang ibu-ibu rumah tangga yang membuat ledre. Mereka tinggal di lingkungan RT 5 dan 6. Pembuatannya tidak terkonsentrasi pada satu tempat. Namun  dilakukan sebagai home industri (Industri rumahan). Bahan baku pisang raja mudah didapat di lingkungannya.

Usaha kecil ini telah berjalan sejak 10 tahun lalu. Pemasarannya dengan cara disetor ke rumah makan "Moro Tresno" Padangan. Rata-rata seminggu sekali mereka setor ledre ke Padangan bersama-sama dengan mmembawa 4 dos Ledre. 1 dosnya berisi 30 kantong ledre. 1 Kantong plastik isi 20 batang dibeli dengan harga 3 ribu 5 ratus rupiah. Kemudian toko mengemasnya dengan bungkus kotak isi 2 kantong plastik seharga 10 ribu rupiah.

"Seminggu sekali biasanya kami setor ledre 4 dos. 1 dosnya muat 30 plastik yang isinya 15 batang. Di tokonya, ledre ini dikemas lagi dengan dos kecil isi 2 dan 4 plastik." Kata Rubiatun salah satu pengrajin ledre ketika ditemui KIMSpot di rumahnya beberapa waktu lalu.

Ibu 2 anak ini menceritakan kisahnya menjual ledre di Padangan. Ia berharap dapat setor ledre di dekat saja karena mempertimbangkan ongkos dan waktunya. Ia juga berharap Pemerintah Desa Sedahkidul mau mengelola penjualan ledrenya sehingga cap penjualan, nantinya dapat dikenal sebagai Ledre Sedah kidul. (KIMSPot)

2 komentar:

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved