Home » , , , , » Istri Wabup Kunjungi 2 Desa Purwosari

Istri Wabup Kunjungi 2 Desa Purwosari

Written By KIM Sendang Potro on Kamis, 27 November 2014 | Kamis, November 27, 2014

Photo : Din Rosidin
Purwosari-Siti Asminati Setyo Hartono mengunjungi Desa Kaliombo dan Desa Purwosari di Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro pada Rabu (26/11/2014). Kegiatan ini dalam rangka pembinaan ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) di kecamatan tersebut. Selain itu Asminati juga meninjau pengisian Buku Dawis (Dasa Wisma) yang dilakukan oleh penggerak PKK desa setempat.

Kunjungan istri Wabup yang didampingi penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro dan Camat Purwosari Bambang Supriyanto, SH ini berlangsung estafet. Kunjungan pertama diawali pukul 09.00 WIB di Desa Kaliombo. Setelah selesai, dilanjutkan ke Desa Purwosari sekitar jam 12.30 WIB. Acara pun diakhiri jam 14.30 WIB.


Kunjungan di Kaliombo

Desa Kaliombo, saat ini sudah dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat.  Jaraknya sekitar 8 km ke arah selatan dari kecamatan Purwosari. 5 km jalan beraspal dan masuk 3 km jalan paping bergelombang.

Tentang jalan ini, Asminati  menganggap Kaliombo lebih maju dibanding 5 tahun yang lalu.  Menurut kunjungannya 5 tahun yang lalu, waktu itu jembatan Mbalak terputus. Untuk sampai di balai desa, ia mesti berjalan kaki. Akhirnya rombongan pun berjalan kaki sekitar 1 km dengan diiringi reog. Bila dibanding sekarang, jelas Kaliombo lebih maju dan jalannya mudah diakses dengan mobil.

Di desa yang jumlah penduduknya memiliki jamban 45 % ini, Asminati mengajak untuk mulai menabung dan membuat kerajinan agar terkumpul biaya untuk membuat jamban. Selain itu, wanita 2 orang anak ini juga mengingatkan untuk menjaga kerukunan rumah tangga, hidup rukun dengan orang tua dan tetangga. Meskipun hidup di desa dengan melihara ternak, ia berpesan agar warga tetap hidup sehat dengan memisahkan kandang dan tempat pemiliknya. Menurutnya, warga harus dapat hidup sehat dan cerdas seperti yang dicita-citakan pemerintah kabupaten bojonegoro saat ini.

Pada kesempatan ini, wanita dengan 4 orang cucu ini memberikan santunan sembako. Santunan ini diberikan kepada 20 warga lanjut usia dan 10 balita. Semua penerima santunan ini warga desa kaliombo.

Kunjungan di Purwosari

Kunjungan di Desa Purwosari di mulai sekitar pukul 12.30 WIB. Asminati bersama rombongan langsung disambut oleh Kepala Desa Purwosari Harijanto bersama ibu-ibu Penggerak PKK Desa Purwosari. Beberapa kepala desa sekitar seperti desa Sadahkidul, Donan, hadir di bali desa purwosari.

Desa Purwosari yang sekaligus Kecamatan ini tentu kesejahteraa warganya selangkah lebih maju dari desa lainnya. Namun desa ini belum mendapat kriteria bebas ODF. Penduduknya yang sudah memiliki jamban sekitar 80 %.

Asminati sangat mendukung program desa yang akan membagikan 300 Clossed bagi warga yang belum punya jamban. Ia menyarankan agar pembagian clossed nanti terus dipantau sehingga benar-benar dipasang oleh warga.

Seperti halnya kunjungan di Kaliombo, Asminati juga melakukan pembinaan PKK desa Purwosari. Ia juga menjelaskan cara hidup sehat dan cerdas. Di akhir acara, ia menyerahkan bantuan kepada 10 warga lansia (lanjut usia) dan 10 balita.(KIMSPot)
 

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved