Home » , » Kominfo Optimalisasi dan Bentuk Forum KIM Bojonegoro

Kominfo Optimalisasi dan Bentuk Forum KIM Bojonegoro

Written By KIM Sendang Potro on Kamis, 13 November 2014 | Kamis, November 13, 2014

Bojonegoro - Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Workshop Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Berbasis Tehnologi Informasi di Ruang Candra Wijaya I Hotel Aston Rajekwesi Bojonegoro Pada Kamis (13/11/2014). Workshop yang diikuti 32 KIM se-Bojonegoro ini bertujuan untuk mengoptimalisas kerja KIM agar sinergi dengan tujuan pembangunan Kabupaten Bojonegoro. Tujuan Pembangunan Bojonegoro adalah mewujudkan wong jenogoro yang sehat, cerdas, produktif dan bahagia.

Acara ini di hadiri Bupati Bojonegoro Suyoto, Asisten 3 Administrasi Yayan Rohman. Nara Sumber Utama dari Praktisi Pers Bojonegoro Aguk Sudatmodjo (KBN Antara), Sudjatmiko (Tempo), Ramon (ANTV). Hadir pula dalam kesempatan ini, Relawan TIK Bojonegoro dan Pembina KIM Tingkat Kecamatan dari jajaran Kepala Seksi Pelayanan Umum di kecamatan se-Bojonegoro.

Kusnandaka Tjatur Prasetyo, Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro dalam laporannya menyebutkan bahwa acara ini penting dilakukan untuk melanjutkan KIM di Bojonegoro terus hidup. Setelah pembentukan KIM dan rangkaian lomba yang telah diselenggarakan, maka Optimalisasi KIM sangat diperlukan. Sehingga ke depannya kerja KIM lebih optimal dan mampu menjadi motivasi masyarakat lebih produktif dan sejahtera.

Ia menginspirasi kerja KIM dengan pemasaran ledre. Menurutnya, di Hotel Aston ini KIM diterima dengan baik. Kesempatan ini dapat digunakan sebagai jalan untuk bekerja sama dalam bidang pemasaran ledre. Jika desa kita, Ledre itu harganya seribu per batang, kalau dikemas dengan bagus di hotel ini dapat dinaikkan harganya menjadi 3 kali lipat.

H Suyoto, M.Si Bupati Bojonegoro dalam pidato pembukaannya mengatakan bahwa dengan adanya kemajuan tehnologi saat ini, dunia menjadi flat (datar). Penduduk dunia dibagi menjadi 2 golongan yaitu produsen dan konsumen. Kalau selama ini kita hanya menjadi konsumen, maka KIM dengan keahliannya di bidang IT diharapkan mampu menjadi motivator masyarakat lebih produktif. Industri di desanya dapat ditingkatkan mutunya dan dengan mudah dikenal dunia lewat bisnis internet yang dilakukan KIM. Untuk fungsi ini, Kang Yoto menyebutnya " KIM sebagai Agen Tranformasi."

Bupati yang suka menerima tamu dengan duduk lesahan di teras rumah dinasnya dan suguhan jajanan kaki lima ini juga menyelaraskan tugas KIM dengan tujuan pembangunan bojonegoro. Menurutnya KIM harus mengawal tercapainya desa sehat, cerdas dan produktif. KIM mampu menilai capaian indikator desa sehat dan cerdas dimulai dari titik nol yaitu eksiting data 2014.

Optimalisasi KIM

Praktisi Pers Bojonegoro Sudjatmiko menjelaskan tentang semua alat kelengkapan dan  cara hidup KIM di masyarakat. Menurutnya, KIM termasuk dalam Jurnalisme Warga. Dalam tugasnya harus menggunakan kode etik selayaknya wartawan. Pada dasarnya, kerja KIM sama seperti wartawan sehingga hasil reportasenya dapat dipertanggungjawabkan. Wartawan Tempo dan juga Ketua Aliasi Jurnalistik Independen (AJI) Bojonegoro ini berjanji membantu KIM dalam ranah hukum.

Tentang pendanaan KIM, Sudjatmiko menyebutkan KIM hendaknya mengoptimalkan medianya menjadi media online yang memiliki banyak pengunjung. Caranya dengan memperbanyak frekwensi update berita dengan foto dan artikel yang bernilai jurnalistik. Banyaknya pengunjung tentunya menentukan minat pemasang iklan. Jadi perbanyaklah iklan untuk pendanaan KIM.

Senada dengan hal di atas, Aguk Sudatmodjo Wartawan Antara menjelaskan tentang cara mendapatkan foto atau berita yang bernilai jurnalistik. Ia menunjukkan karya fotonya lewat pencarian gambar google dengan kata kunci "aguk sudatmodjo". Foto karyanya tersebut telah digunakan oleh berbagai media ternama di indonesia. Ia menjelaskan sebuah karya dapat berbobot karena mengandung unsur tepat moment (waktu pengambilan), tingkat kesulitan, kelangkaan (jarang ada). 3 Hal ini yang menentukan karya kita bernilai jurnalistik tinggi sehingga dapat menghasilkan uang.

Pembentukan Forum KIM Bojonegoro

Setelah penyerapan banyak materi optimalisasi ini, semua KIM yang hadir sadar akan sulitnya mengembangkan KIM secara individu. Mereka berinisiatif untuk membuat gabungan KIM se-bojonegoro agar mampu bekerja secara optimal. Sidang pun dilanjutkan dengan pembentukan Gabungan KIM Bojonegoro.

Tepat pukul 14.30 WIB di ruang Candra Wijaya I Hotel Aston Bojonegoro Gabungan KIM Bojonegoro menggelar sidang. Hasilya dibentuk sebuah Gabungan KIM dengan nama Forum KIM Bojonegoro. Anggotanya terdiri dari semua KIM di Bojonegoro. Pengurusnya sebagai berikut : Sofyan dari KIM Akses Jaya Desa Pejambon sebagai Ketua, Nova dari Relawan TIK sebagai sekretaris dan Rasidin dari KIM Sendang Potro Desa Sedahkidul sebagai Bendahara. Alat kelengkapan forum lainnya akan dibahas pada sidang ke-2 di Kantor Dinas Kominfo pada akhir bulan Nopember 2014 mendatang. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved