Home » , , » PPL Susun Prioritas Penyuluhan Tani Purwosari

PPL Susun Prioritas Penyuluhan Tani Purwosari

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 04 November 2014 | Selasa, November 04, 2014

Sedahkidul-Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro melakukan Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian di Balai desa Sedahkidul pagi ini, Senin (04/11/2014). Kegiatan ini dilakukan untuk menyusun prioritas program penyuluhan di tahun 2015 nanti.

Guna mencapai tujuan, semua kelompok tani dan Gapoktan dihadirkan dalam acara itu. sementara itu, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengirimkan Tim Teknis Pertanian yang tergabung dalam Kelompok Jabatan Fongsional Sebagai narasumber. Mereka adalah Marsinah (48) Sri Sumi setyorini. Selaku tuan rumah, hadir pula Mantri Tani Kecamatan Purwosari Catur Yogo W beserta Tim PPL Kecamatan Purwosari Budi, Umi Kulsum, Ayuk dan Dedi.

Pada kesempatan itu, Marsinah mejadi Mediator dalam rapat tersebut. Ia menggali informasi dari semua kelompok tani kemudian mengkualifikasikan prioritas peningkatan penyuluhan tanaman pokok pada padi, jagung dan terong. Sedangkan untuk tanaman pemanfaatan lahan diperoleh kesepakatan pada tanaman kacang hijau dan pisang. Budidaya tanaman inilah nantinya yang akan diprioritaskan pada penyuluhan pertanian di tahun 2015.

Masih dalam kontek tersebut, Sri Sumi Setyorini (42) mengungkapkan kepada KIMSpot bahwa peningkatan pertanian di Purwosari harus dimulai dari penguatan lembaga tani. Menurutnya PPL akan mampu merubah wawasan kelompok tani jika didatangi per bulan 2 kali.

"Untuk meningkatkan pertanian, harus dimulai dari kelompok taninya. Kelompok tani harus dapat merubah pengetahuan, ketrampilan dan sikapnya dalam mengatasi masalah pertanian. Agar tercapai peningkatan, PPL menggunakan sistem kerja dengan cara datang ke kelompok tani 2 kali dalam sebulan." kata ibu 3 orang anak ini.  (KIMSPot)

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Ya .... moga petani bisa lebih sejahtera

      Hapus
  2. Hidup petani..... !!!! Lh make y tani i hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh hemm... kita juga petani kok. Ayo menjadi Tani Modern

      Hapus

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved