Home » , » Tumpeng Raksasa dan Reog Iringi Festival Belimbing

Tumpeng Raksasa dan Reog Iringi Festival Belimbing

Written By KIM Sendang Potro on Sabtu, 01 November 2014 | Sabtu, November 01, 2014

Bojonegoro-Festival Belimbing di lokasi Agropolitan Belimbing Ringinrejo Sabtu pagi (1/11/014) berlangsung meriah. Sejak pukul 8 pagi, warga Ringin Rejo kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro telah berkumpul di halaman parkir kawasan Agropolitan. Tua - muda berbondong-bondong membawa tumpeng nasi kuning dan buah belimbing.

Tepat pukul 9 pagi, rombongan ini berangkat bersama menuju Balai Desa Ringin Rejo yang jaraknya sekitar 1 kilo meter. Mereka membentuk arak-arakan yang di awali dari regu reog asli ringin rejo, diikuti regu pembawa tumpeng raksasa dari belimbing, tumpeng raksasa nasi kuning dan puluhan tumpeng lainnya dari semua warga yang memiliki pohon belimbing.

Tumpeng Buah Belimbing Raksasa dengan tulisan nama "Mbah Nur" sangat menarik perhatian pengunjung saat itu. Dengan dipikul 4 orang, tumpeng ini meliuk-liuk menyusuri jalan menuju Balai Desa. Menurut warga setempat, tumpeng ini terbuat dari 4 kotak belimbing. Kalo 1 kotaknya sekitar 40 kilo, maka beratnya dapat mencapai 1 kwintal 60 kilogram.

Salah seorang Panitia Festival Belimbing Edy Santoso (36) mengatakan bahwa festival ini baru pertama kali diadakan. Pesta ini terlihat meriah karena dihadiri Bupati Bojonegoro Sunyoto beserta jajaran dinas pariwisata, dinas kominfo, dinas pertanian serta diikuti sekitar 104 warga yang membawa tumpeng sebagai wujud rasa sukur atas hasil yang diterimanya dari tanaman belimbing. Hadir pula Camat Kalitidu dan Gayam, serta Kepala desa se-kecamatan kalitidu.

"Arak-arakan ini bersama Kang Yoto menuju tengah-tengah lokasi wisata agropolitan belimbing untuk dilakukan resepsi sukuran sebagai puncak acara. Tadi, sebelum ini telah dilakukan lomba buah belimbing. dan setelah sukuran ini, dilanjutkan lomba fashion dan lomba menggambar untuk anak-anak. Untuk malam harinya dilanjutkan pertunjukan wayang kulit dipanggung ini dengan dalang Tri Bayu santoso dari tuban." katanya. (KIMSPot)

1 komentar:

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved