Home » , , » Dana PUAP Purwosari Belum Terserap Semua

Dana PUAP Purwosari Belum Terserap Semua

Written By KIM Sendang Potro on Kamis, 11 Desember 2014 | Kamis, Desember 11, 2014

Sedahkidul-Dana Program Usaha Agrobisnis Perdesaan (PUAP) tahun 2012 di wilayah Kecamatan Purwosari belum terserap semua. Ada 3 desa yang tidak dapat bantuan. Dari 9 desa yang mendapat bantuan, baru 6 desa yang telah mengambil dan 3 belum mengambil.  Desa tersebut adalah Kaliombo, Kuniran dan Pojok. Hal ini disebabkan pengurus dana PUAP di Gapoktan 3 desa tersebut belum siap mengelola. Demikian yang dikatakan Mantri Tani Kecamatan Purwosari Catur Yoga pada acara Monitoring Bantuan PUAP di Balai Desa Sedahkidul hari Selasa (9/12/2014).

Senada dengan hal itu, Ketua Tim Monitoring Dana PUAP dari Dinas Pertanian Bojonegoro Sentot juga membenarkan hal tersebut. Menurutnya, PUAP adalah dana BLM yang bersumber dari APBN untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Bantuan ini bersifat hibah.

Namun hal ini kurang dipahami oleh masyarakat kita. Biasanya kalau dana ini cair selalu ada oknum yang datang meminta bagian upah jasa. Entah itu dari wartawan maupun oknum partai yang mengaku-ngaku turut andil membantu pencairan dana PUAP ini.

Lain halnya di Sedahkidul. Gapoktan di Sedahkidul telah mencairkan dana ini pada tahun 2012 lalu. saat ini dana tersebut telah dikelola Gapoktan dan berkembang.

Menurut Ketua Gapoktan Setyo  Bhakti Sedah kidul, Ahmad Patekun menjelaskan bahwa Gapoktan yang ia kelola mendapat bantuan dana PUAP tahun 2012. Dana ini dipergunakan untuk kegiatan simpan pinjam anggota.

Dana PUAP yang kami terima tahun 2012 lalu sebesar 100 juta rupiah. Dana ini kami gunakan untuk simpan pinjam. Anggsuran dari anggota berjalan lancar. Asetnya saat ini telah berkembang menjadi 120 juta rupiah." katanya (KIMSPot)

  

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved