Home » , » Cek Dam Kali Gandong Bakal Realisasi Tahun Ini

Cek Dam Kali Gandong Bakal Realisasi Tahun Ini

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 09 Januari 2015 | Jumat, Januari 09, 2015

Sedahkidul-Utusan Dinas Pengairan Kabupaten Bojonegoro meninjau Lokasi untuk pembuatan Cek Dam Sungai Gandong di RT.05 RW.02 Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, Kamis (8/01/2014). Tinjauan lokasi usulan Cek Dam ini di lakukan oleh Suwiji (56) dan Noto (54). Kedua orang ini menjabat Mantri di Dinas Pengairan Kabupaten Bojonegoro.

Dengan didampingi Sekdes Pujianto, Kasun Ahmad Patekun, Kaur Pembangunan Sudiono, Kaur Pemerintahan Suliman dan Kim Sendang Potro, Kedua Mantri Pengairan itu meninjau lokasi yang akan dibuat cek dam. Mereka bersama-sama turun ke sungai dan mengukur lebar sungai gandong.

Dalam kesempatan itu, Suwiji mengatakan bahwa lebar dasar sungai di lokasi ini diketahui 20 meter. Sehingga nantinya hanya mampu dibuatkan Cek Dam dengan bukaan air 4 sekat. Mengingat lebar dan derasnya arus sungai gandong saat banjir serta keterbatasan anggaran menyebabkan tidak mungkin pembuatan cek dam dengan kontruksi titian dan pintu air seperti pada usulan.

Menurutnya, Cek Dam akan terealisasi tahun ini dengan bentuk konstruksi pintu bukaan berjajar tanpa titian pintu air. Konstruksi ini telah memenuhi fungsi semula sebagai penampung air. Namun cek dam ini tidak dapat digunakan sebagai jembatan penyeberangan.

Ketua Gapoktan Setyo Bhakti Sedahkidul Ahmad Patekun menyambut baik rencana pembuatan cek dam tersebut. Menurutnya, dengan dibangunnya cek dam ini nantinya mampu mencukupi kebutuhan air untuk musim tanam ke-2. Jadi petani sedahkidul dapat bertanam padi 2 kali. Kalau selama ini sebagian besar anggota kami hanya dapat menanam padi 1 kali karena kekurangan air.

Sekretaris Desa Sedahkidul Pujianto mengatakan bahwa usulan pembuatan Cek Dam di RT.05 Desa Sedahkidul telah masuk RPJMDes sejak 2 tahun lalu. Namun pada tahun ini, pembuatan cek dam menjadi prioritas utama di pembangunan Sedahkidul. Lokasi Cek Dam yang diusulkan telah ditinjau Kasi Umum dan Kasi PMD Kecamatan Purwosari. Jadi kami yakin, cek dam sungai Gandong akan terealisai tahun ini.

Pada hari yang sama, Kepala Desa Sedahkidul M Choirul Huda menyambut peninjau lokasi tersebut. Pihaknya telah mengajukan proposal pembuatan cek dam di sungai gandong pada penghujung tahun kemarin. Menurutnya cek dam akan membantu petani dalam memenuhi kebutuhan air pertanian di musim kemarau. Sehingga pada akhirnya kehidupan petani sedahkidul makin meningkatkan dan Sedahkidul makin maju. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved