Home » , , , » Rapat RPJMDes Berlangsung Seru

Rapat RPJMDes Berlangsung Seru

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 13 Januari 2015 | Selasa, Januari 13, 2015

Sedahkidul-"Inilah Rapat. Baik sidang DPR maupun Sidang warga memang harus Seru, harus panas dalam membahas rencana. Panas dalam adu mempertahankan argumen dalam rapat itu biasa. Namun hanya di dalam rapat saja. Setelahnya harus baik lagi. Inilah demokrasi." Demikian kata M Choirul Huda, Kepala Desa sedahkidul setelah rapat membahas RPJMDes di Balai Desa sedahkidul Selasa (13/01/2014).

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES)  Desa Sedahkidul dilaksanakan di balai Desa Sedahkidul pada Selasa malam (13/01/2014). Rapat yang dimulai pukul 20.00 WIB ini dilakukan untuk membahas dan menetapkan (RPJMDes) Rencana Pembangunan Jangka Menengah sebagai persyaratan pengajuan Alokasi Dana Desa tahun 2015.

Hadir dalam rapat itu Tim Pembina dari Tingkat Kecamatan yaitu :  Sekretaris Kecamatan Purwosari  Muhammad Ridwan, Kasi PMD Imam Basuki, Staf Kecamatan Wahyudi, Condro. Peserta dari tingkat desa diantaranya : Kepala Desa Sedahkidul M Choirul Huda, Sekretaris Desa Pujianto, Semua Perangkat Desa dari Kaur hingga tingkat RT dan RW. Hadir pula dalam acara tersebut semua perwakilan dari Lembaga Desa BPD, PKK, Karang Taruna, Kepala PAUD, KIM Sendang Potro, Pengurus TBM (Taman Baca Masyarakat) Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.


Menurut Imam Basuki, Kasi PMD Kecamatan Purwosari bahwa Pelaksanaan UUD Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa membawa perubahan baru dalam tata laksana pemerintahan desa. Perubahan ini sangat kita rasakan dalam perencanaan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) yang ditetapkan dalam sebuah Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) seperti yang dilakukan setiap desa baru-baru ini. Semua desa di wilayah Kecamatan Purwosari khususnya telah melaksanakan musrenbangdes yang benar-benar melibatkan masyarakatnya.
 
"Semua desa sekecamatan purwosari telah melaksanakan Musrenbangdes seperti ini sejak 9 Januari kemarin. Kami dari Tim Pelaksana tingkat Kecamatan menghadiri Musrenbang di tiap desa yang sengaja dijadwalkan secara bergilir. Desa Sedahkidul ini mendapat jadwal yang terakhir." katanya.


Saling Adu Kepentingan

Draff ADD yang ditawarkan Sekretaris Desa disambut baik oleh peserta rapat. Beberapa wakil utusan seperti perangkat desa, pemberdayaan, infrastruktur, Pengurus KIM meminta agar pos anggaran masing-masing dinaikkan. Hal ini mengakibatkan penambahan dan pengurangan di berbagai pos. sehingga terjadi adu argumen mempertahankan posnya masing-masing.

Adu argumen terus berlangsung hingga pukul 10 malam. Untunglah mediator rapat dari kecamatan Wahyudi segera menguasai rapat dengan menjadi penengah. Akhirnya tensi rapat mereda. Rapatpun berlanjut dengan membenahi draf usulan. Semua utusan menerima draff usulan yang telah dibenahi. Tepat jam 11 malam, rapat ditutup dengan ditetapkannya rancangan RPJMDes menjadi RPJMDes. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved