Home » , , , » Camat Purwosari : "Perlu Latihan IT Untuk Kopwan"

Camat Purwosari : "Perlu Latihan IT Untuk Kopwan"

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 24 Maret 2015 | Selasa, Maret 24, 2015

Purwosari-"Perlu diadakan pelatihan IT (Informasi tehnologi-red) untuk Kopwan" demikian yang disampaikan Camat Purwosari Bambang Supriyanto, SH di Pendopo Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro siang tadi, Selasa(24/3/2015). Harapan tersebut ia sampaikan pada acara pembinaan Koperasi Wanita (Kopwan) se-kecamatan Purwosari dan Padangan.

Bambang menambahkan bahwa pelatihan IT diperlukan oleh Pengurus Kopwan untuk mengerjakan administrasi dan pemasaran produk yang dihasilkan.  Sehingga nantinya perkembangan dan masalah  Kopwan dapat dimonitor secara cepat lewat internet. Selain itu, IT juga dapat digunakan untuk memasarkan produk yang dihasilkan Kelompok Usaha Kopwan. Seperti Ledre dari Desa Kuniran, Dodol Terong darin Desa Donan, Aksesoris pelepah Pisang dari Ngrejeng, dan lain-lainnya.


Seperti Kita ketahui bahwa Dinas Koperasi Kabupaten Bojonegoro melakukan monitoring kepada 28 Kopwan se-kecamatan Purwosari dan Padangan. Kegiatan tersebut dikonsentrasikan di Pendopo Kecamatan Purwosari Bojonegoro. sejak tahun 2010 lalu, kopwan di masing-masing desa menerima dana sebesar 25 juta rupiah. Dana ini digunakan untuk usaha simpan pinjam. Dalam kurun waktu itu, ada yang telah berkembang menjadi 50 juta, adapula yang tidak berkembang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Sedahkidul M. Choirul Huda memberi motivasi dengan menekankan pentingnya komunikasi bagi pengurus Kopwan. Dalam penyampaian materi evaluasi kopwan, ia menggunakan game penyampaian pesan secara estafet. Game ini disambut baik oleh peserta dan dilaksanakan dengan meriah.

"Komunikasi adalah kunci keberhasilan kopwan selama ini. Jadi pesan dari atas dapat sampai ke bawah tanpa dikurangi. Begitu pula Kopwan Sedahkidul berhasil karena tanpa mengurangi hak untuk anggota," katanya.

Menurutnya, Kopwan Sedahkidul saat ini berhasil mengembangkan dana SPP. Kopwan dinilai sehat hingga terus ditawari modal tambahan oleh Dinas Koperasi. Namun Kopwan masih menolak dana itu. (KIMSpot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved