Home » , , , , » Di Purwosari Ada Kreasi Gembili, Inspirasi Pengganti Nasi

Di Purwosari Ada Kreasi Gembili, Inspirasi Pengganti Nasi

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 31 Maret 2015 | Selasa, Maret 31, 2015

Purwosari-Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kecamatan Purwosari membuat lomba Cipta Menu dari bahan dasar Gembili di Pendopo Kecamatan Purwosari, Selasa (31/3/2015). Lomba ini bertujuan menciptakan keragaman makanan pokok indonesia sebagai pengganti nasi.

Semua Tim PKK 12 desa se-Kecamatan Purwosari ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Dari masing -masing desa mempersiapkan tiga macam menu masakan untuk penilaian. Menunya dibagi tiga jenis; yaitu menu makan pagi, siang dan malam lengkap dengan buah dan minumannya. Sebagai makanan utama pemenuhan karbohidrat, digunakanlah bahan dasar gembili sebagai pengganti nasi. Ada yang  buat gobet dan di tanak seperti nasi, adapula yang dihaluskan dan dicetak seperti mie.


Gembili adalah salah satu makanan dari golongan ubi jalar yang banyak tumbuh di pekarangan warga. Keberadaanya belum  banyak di perhatikan untuk makanan. Namun kali ini, lewat tangan terampil TP-PKK terciptalah menu masakan yang sehat nan lezat.

Menurut Ketua TP-PKK Purwosari Ny. Ida Bambang Supriyanto, Lomba ini dilakukan dalam rangka menganeka-ragamkan makanan berbasis bahan makanan lokal. Pemenang lomba akan ikut bertanding cipta makanan di tingkat Kabupaten Bojonegoro yang rencananya digelar 13 April 2015.

"Kami mengangkat gembili sebagai makanan bahan dasar lokal sebagai pengganti nasi. Pemenangnya nanti kami kirim pada lomba tingkat Kabupaten bojonegoro tanggal 13 April nanti," katanya kepada KIMSpot di kantornya.

Menurut Salah satu Tim Juri Lomba, penilaiannya ditekankan pada rasa, tampilan dan keseimbangan kandungan gizi. Semua nilai, nantinya akan diakumulatif. Bagi Tim yang memperoleh nilai terbanyak, itulah pemenangnya.

Dari Lomba Cipta Menu ini diperoleh pemenang sebagai berikut :
Juara I adalah Tim Penggerak PKK dari Desa Pojok
Juara II adalah Tim Penggerak PKK dari Desa Sedahkidul, dan
Juara III adalah Tim Penggerak PKK dari Desa Purwosari.

Seperti disebutkan diatas, maka Tim PKK Desa Pojok Kecamatan Purwosari sebagai Pemenang lomba akan ikut bertanding di tingkat Kabupaten Bojonegoro padda tanggal 13 April 2015 mendatang. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved