Home » , , » Gas Flare Banyuurip Nyala, Warga Rasa 'Gerah'

Gas Flare Banyuurip Nyala, Warga Rasa 'Gerah'

Written By KIM Sendang Potro on Sabtu, 28 Maret 2015 | Sabtu, Maret 28, 2015

Sedahkidul-Warga Pencol Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Bojonegoro merasakan efek kurang nyaman dari api pembakaran dari cerobong pengeboran minyak Banyuuurip. Pemukiman warga pencol yang berjarak sekitar satu kilometer dari titik bor sumur minyak banyuurip ini merasakan suhu panas tak seperti biasanya. Jika udara malam hari yang biasanya sejuk, kini terasa panas.

"Sudah 3 hari ini obor minyak di Samben Desa Mojodelik itu nyala. Kalau malam hari begini biasanya udara sejuk. Tapi tiga hari ini rasanya gerah (Udara panas seperti mau turun hujan-red)  padahal cuaca cerah tidak ada mendung. Saya sampai gak betah pakai baju," kata Yasmo (55) warga pencol kepada KIMSPot, Sabtu (28/32015).

Hal senada juga dirasakan oleh Warga Lor-an Desa Sedahkidul. Menurut warga yang tidak mau disebut namanya ini, Nyala api flair di sumur minyak banyuurip terlihat jelas dan terasa dekat dari rumahnya.

"Nyala api tampak besar, suaranya bergemuruh seperti di samping rumah. Pekarangan rumah saya menjadi terang benderang. Kadang, saya membayangkan kalau api yang gemuruh itu kemudian meledak," katanya.

Seperti di ketahui KIMSPot bahwa Proyek Minyak Banyuurip di Mojodelik yang berbatasan langsung dengan Desa Sedahkidul sedang meningkatkan produksinnya. Salah satu Gas Flair di Sumur Minyak di Desa Mojodelik yang jaraknya sangat dekat dengan pemukiman penduduk dinyalakan sejak Kamis, (26/3/2015). Ketinggian apinya terkadang mencapai 3 meter.

Namun Pihak Pengelola, Exxon Mobil Cepu dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro tidak pernah mensosialisasikan pembakaran Gas Flair ini di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Sehingga warga tidak tahu sama sekali cara antisipasi gangguan gas beracun seperti H2SO4 jika sewaktu-waktu terjadi. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved