Home » , , , » Longsor Kali Gandong Ancam Rumah Warga

Longsor Kali Gandong Ancam Rumah Warga

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 03 Maret 2015 | Selasa, Maret 03, 2015

Sedahkidul - Hantaman arus Sungai Kali Gandong yang meluap 2 hari terakhir ini menyebabkan tanah longsor di beberapa titik.  Fenomena ini menimbulkan derita tersendiri bagi warga sedahkidul khususnya yang tinggal di pinggir Kali Gandong. Salah satunya Lasriah (44) warga Lor-an Rt.5 Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro.

Menurut wanita tanpa anak ini, longsor terjadi berulang-ulang. Minggu malam saat hujan deras terjadi longsor. Suarangya bergemuruh. Ia sangat khawatir jika tiba-tiba rumah kayunya terbawa longsor.

Masih menurut Lasriah,  sejak malam hingga Selasa siang pukul 12,00 WIB, longsor terus berlanjut.  pekarangan seluas 60 meter persegi dan 3 buah rumpun bambu amblas ke dasar Kali Gandong. Tidak ada korban jiwa dan harta benda. Namun meninggalkan rasa takut bagi Lasriah. Saat ini jarak rumahnya hanya 4 meter dari titik longsor.

" 3 rumpun bambu penahan tanah sudah longsor saat hujan semalam. Saya sampai gak bisa tidur lho, Mas. Kalau ada hujan saya ngungsi ke tetangga. Takut tiba-tiba rumahku ikut longsor" ungkapnya dengan nada sedih.

Hal itu dibenarkan oleh Mindri (46) tetangganya. ia mengaku bahwa rumahnya sering didatangi Lasriah ketika turun hujan.

" Iya benar. Belakangan ini, setiap ada hujan ia selalu datang ke rumah saya. Sambil menangis, ia  datang dan bilang ikut berteduh" katanya.

Sehari-harinya, Lasriah tinggal seorang diri. Suaminya bernama Wiji (48) merantau ke Sulawesi Selatan bekerja sebagai tukang kayu. Melalui telepon, ia meminta suaminya segera pulang dan memindahkan rumahnya. Namun sang suami belum bisa pulang karena belum mendapat ongkos.

Lasriah berharap ada perhatian dari pemerintah untuk membantu masalahnya.

" Mudah-mudahan pemerintah tahu tentang penderitaan warganya seperti saya. Saya berharap pemerintah dapat mengambil langkah pengendalian agar tanah ini tidak longsor terus" katanya.

Sementara itu, dari pantauan KIMSPot, Selasa (3/3/2015) peristiwa longsor masih terjadi. Beberapa bongkah tanah masih berguguran ke dasar Kali Gandong. Terbetuk jurang selebar 25 meter. Terdapat 2 baris retakan tanah mulai mengancam rumah kayu berlantai tanah itu.

Mengancam Menara Sutet PLN

Selain rumah warga, tanah longsor itu juga mengancam menara sutet milik PLN. Jarak menara dengan bibir jurang hanya 10 meter.

Menurut Kepala Dusun Sedahkidul Ahmad Patekun, longsor tersebut telah dilaporkan juga ke pihak PLN Padangan. Namun belum ada tanggapan dari phak PLN.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Desa Sedahkidul M. Choirul Huda membenarkan kejadian tersebut. Ia juga telah menanggapi dan menyampaikan laporan warga itu ke Camat Purwosari dan BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah )

" Memang, kami telah menerima laporan tanah longsor itu. Kami juga telah mendokumentasikan dan mengirim pemberitahuan ke Pemerintah Kecamatan Purwosari dan BPBD. Semoga Dinas terkait mengambil langkah tanggap terhadap masalah ini" katanya. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved