Home » , , » Spagetti Gembili Ala Purwosari

Spagetti Gembili Ala Purwosari

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 31 Maret 2015 | Selasa, Maret 31, 2015



Ubi, identik dengan suguhan Kang Yoto, Bupati Bojonegoro ketika 'Tilik Desa'. Selain sehat, bahan makanan ini juga murah meriah di desa. Begitulah kira-kira. Sehingga tiap kunjungan KY ke desa, selalu ada suguhan ubi rebus di sana.

Masih pada tema 'ubi', hari ini, Selasa (31/3/2015) Tim Penggerak PKK Kecamatan Purwosari mengangkat Ubi Gembili menjadi 'Menu Primadona'. Karena di Pendopo Kecamatan purwosari, mereka mengadakan lomba kreasi menu makanan yang berbahan dasar gembili ini.

Lewat jari-jari terampil TP-PKK se-kecamatan Purwosari, Gembili dibuat menjadi beraneka ragam makanan. Seperti PKK dari Desa Donan Kecamatan Purwosari misalnya. Tim ini membuat ubi menjadi Spagetti. Bentuknya bulat memanjang bergelombang, putih dan bersih. Di atasnya, dihias jagung kuning rebus dan daun seledri. Sebagai pelengkap menu makan siang, mereka dibuat pula sayur dan lauk untuk mencukupi komposisi gizinya.

Bukan hanya spagetti, disana ada Gembili bola-bola tabur kelapa, ada pula Gethuk Gembili Tabur Keju.

Namun sayang, penulis tidak sempat mencicipi 'Spageti Gembili' itu. Karena segera beralih ke pemasangan dekorasi panggung untuk Kegiatan "Launching KIM 11 Desa Se-Kecamatan Purwosari besok (1 April 2015). Namun menurut BABINSA Purwosari Prawito, Spagetti gembili tersebut rasanya enak.

"Rasanya enak, Mas. Tektur-nya lembut di mulut. Rasa gurih khas gembili sangat khas, " katanya.

Dalam hati, aku hanya bisa membayangkan. "Yaahhh !!! Kalau cuma dengar ceritanya, bisa ngiler, Pak" pikirku dalam hati.

Penulis : Din Rosidin (Ketua KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved