Home » , , » Asyiknya Bermain Egrang di Depan Balai Desa Sedahkidul

Asyiknya Bermain Egrang di Depan Balai Desa Sedahkidul

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 17 April 2015 | Jumat, April 17, 2015

Sedahkidul - Jum'at, 17 April 2015 pukul 16.00 WIB terlihat anak-anak kecil sedang bermain egrang di depan balai Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Mereka adalah Evita Januarni (10), Nika Puji Listiani (11), Siti Munaroh (11), Selly Amelia (11), Dwi Mariani (11), dan Siti Yunistiana (11) yang masih duduk di kelas V SD Negeri Sedahkidul.

Siti Munaroh pelajar kelas V SD Negeri Sedahkidul mengatakan, "Permainan egrang ini sangat mengasyikan apalagi dilakukan bersama teman-teman. Pertama kali mencoba sulit, tapi setelah mencoba berkali-kali akhirnya bisa juga. Butuh latihan setiap hari agar terbiasa. Yang sulit dalam permainan ini adalah menjaga keseimbangan tubuh".

"Setiap sore selalu bermain egrang bersama teman-temannya. Selain bermain, juga untuk persiapan lomba agustusan 2015 nanti", tambahnya dengan penuh semangat.

Sementara itu, Yuni Agus Minarno,S.Pd Guru Olahraga SD Negeri Sedahkidul saat dihubungi oleh KIMSPot lewat telepon mengatakan, "Egrang merupakan salah satu olahraga tradisional permainan asli rakyat sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik tradisional. Permainan rakyat yang berkembang cukup lama ini perlu dilestarikan, karena selain sebagai olahraga hiburan, kesenangan, dan kebutuhan interaksi sosial, olahraga ini juga mempunyai potensi untuk meningkatkan kualitas jasmani bagi pelakunya".

"Oleh karena itu, anak-anak di SD Negeri Sedahkidul ini saya kenalkan dan ajarkan tentang olahraga egrang. Siapa yang melestarikan olahraga tradisional ini, kalau bukan diri kita sendiri. Saya berharap, permainan egrang bisa masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah agar egrang tak punah dan kelak generasi - generasi penerus bisa menikmati permainan egrang", tambahnya.

Pantauan KIMSPot di lokasi, selain bermain egrang sebagian anak-anak ada yang bermain kelereng, sepak bola dan latihan senam SKJ. Terlihat juga beberapa pemuda sedang mencari tugas sekolah dengan mengakses wifi di balai desa. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved