Home » , , , , » Awas ! Wabah DBD di Purwosari

Awas ! Wabah DBD di Purwosari

Written By KIM Sendang Potro on Sabtu, 04 April 2015 | Sabtu, April 04, 2015

Purwosari - Pasien penderita DBD (Demam Berdarah Dengue) ditemukan lagi di Desa Kaliombo Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Hingga pagi tadi, Sabtu (4/4/2015) masih terdapat penderita pasien DBD yang melakukan rawat inap di Puskesmas Purwosari.

Nanda (8) anak yang masih duduk di kelas 1 SD Kaliombo ini harus terbaring di bangsal perawatan anak Puskesmas Purwosari. Sudah 2 hari Nanda dirawat inap di puskesmas ini dengan ditunggui orang tua dan pamannya.

Menurut Amin (32) Paman Nanda, Keponakannya dibawa ke Puskesmas Purwosari sejak kemarin siang. Oleh dokter setempat, ia divonis terkena DBD. Sehingga ia harus menjalani rawat inap. Sampai hari ini keadaannya masih lemas dan belum diperbolehkan pulang.

Masih menurut warga Kaliombo ini, pada 15 hari terakhir terdapat 4 warga yang menderita sakit DBD. Termasuk keponaknnya ini.

"Pagi tadi sekitar pukul 10 WIB, Pak Camat berkunjung ke sini. Ia ikut prihatin dengan mewabahnya demam berdarah ini. Katanya, ia akan menghimbau kepada Dinas Kesehatan agar segera melakukan pengasapan di Desa Kaliombo," kata Amin.

Selain itu, Amin juga menceritakan keadaan rumah pasien yand berdekatan dengan beberapa rumpun bambu. Hujan sering datang di sana, namun paritnya belum tertata dengan baik sehingga banyak digunakan sebagai sarang nyamuk. Tentang pengasapan, ia mengatakan bahwa di  desanya pernah dilakukan pengasapan. Namun itu terjadi sudah lama sekali.

Ketika di hubungi lewat telepon, Camat Purwosari Bambang Supriyanto, SH membenarkan hal tersebut. Pihaknya telah menghimbau Dinas Kesehatan untuk melakukan fogging (pengasapan).

"Ya, saya telah menghimbau Dinas Kesehatan untuk melakukan Fogging. Namun, yang utama adalah kesadaran masyarakat aktif melakukan 3 M (Mengubur, menutup dan menguras) tempat yang menjadi sarang nyamuk." kata Camat. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved