Home » , , » Dinkominfo Bojonegoro Sosialisasikan LAPOR di Kecamatan Purwosari

Dinkominfo Bojonegoro Sosialisasikan LAPOR di Kecamatan Purwosari

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 03 April 2015 | Jumat, April 03, 2015

Purwosari - Ada yang menarik dalam kegiatan Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Pembuatan Blog KIM Desa Se-Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Rabu, 01 April 2015 kemarin. Selain memaparkan tentang pentingnya KIM bagi desa, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur P juga mensosialisasikan Layanan Apresiasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) kepada seluruh audien yang memadati pendopo Kecamatan Purwosari terdiri dari Muspika Kecamatan Purwosari, Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD), Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD), Pengurus KIM Desa se-Kecamatan Purwosari.

Ia menjelaskan bahwa, LAPOR merupakan aplikasi publik yang memungkinkan semua laporan dapat terdokumentasikan dengan baik, serta menjadi satu ruang diskusi antar masyarakat mengenai isu-isu pembangunan nasional dan memungkinkan adanya interaksi antara masyarakat dengan pemerintah terkait masalah-masalah yang dilaporkan. Pengaduan atau laporannya sangat mudah, yakni hanya dengan mengirimkan SMS ke 1708 dengan cara ketik :BJN (spasi) ISI PESAN", atau melalui akses situs http://lapor.ukp.go.id. Bagi anda pengguna smartphone , aplikasi LAPOR bisa diunduh melalui operating system Blackberry atau Android.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengadopsi sistem ini sejak 1 Juli 2014 sebagai langkah awal dalam membangun Bojonegoro dengan cara baru yakni menggunkan teknologi informasi yang melibatkan masyarakat secara penuh, sehingga lebih transparan, partisipatif dan akuntabel. Sistem ini bukan semata-mata hanya membangun dan mengedukasi masyarakat, melainkan untuk memperbaiki kinerja birokrasi sehingga dapat membangun kepercayaan yang baik dari masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Jarkom Dinkominfo Kabupaten Bojonegoro, Drs. Djoko Suharmanto pada saat memaparkan materi dihadapan pengurus KIM Desa se-Kecamatan Purwosari. Ia menambahkan bahwa dengan adanya digitalisasi dalam ciri pemerintahan terbuka tentu akan ada harapan dan perubahan baru yang dapat diciptakan. Selain dapat meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan yang professional, juga dapat meningkatkan indeks pembangunan masyarakat sekaligus pembentukan karakter yang baik serta proaktif dalam berpartisipasi bersama pemerintah mengawal pembangunan di Kabupaten Bojonegoro. (KIM SPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved