Home » , , » Harga Pembebasan Tanah Proyek TBR-Jambaran Ditentukan Tim Appraisal

Harga Pembebasan Tanah Proyek TBR-Jambaran Ditentukan Tim Appraisal

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 07 April 2015 | Selasa, April 07, 2015

Purwosari - Warga Desa Pelem Kecamatan Purwosari pemilik tanah yang terkena pembebasan untuk Jalur Pipa Gas Tiung Biru-Jambaran merasa lega. Pasalnya PT. Pertamina EP Cepu (PEPC) mensosialisasikan mekanisme pembebasan lahan secara terbuka, Selasa (07/4/2014). Dalam Sosialisai yang dilakukan di Balai Desa Pelem ini, di umumkan pula 18 nama warga pemilik tanah yang tanahnya dilewati jalur pipa gas.

"Sosialisasi yang dilakukan sejak Juli 2014 lalu, kini mencapai tahap pengumuman nama pemilik lahan. Selanjutnya akan ada tahap penaksiran harga tanah dan bangunan yang dilakukan oleh TIM Appraisal secara independen. Tim ini telah mendapat sertifikasi dari Badan pertanahan dan Badan Keuangan negara," kata Tetuko Widodo, Perwakilan Pertamina EP Cepu.

Menurutnya tim appraisal ini akan menjumpai warga dan mentaksir harga tanah, tanaman dan bangunan untuk ganti rugi dalam pembebasan. Masih menurutnya, Tim ini tidak dapat dipengaruhi pihak manapun. Karena hasil penaksiran harganya akan dipertanggung jawabkan secara hukum jika terlalu mahal atau terlalu murah.

Menanggapi hal itu, Karim (48) mengharap ada pendampingan dari aparat desa terhadap Tim Penaksir Harga agar mudah dikenali.

"Saya harap Tim penaksir harga didampingi perangkat sewaktu datang ke rumah warga agar mudah dikenali. Kami khawatir kalau ada oknum yang tidak bertanggung jawab mengaku sebagai Appraisal," katanya yang langsung disetujui oleh Plt. Kepala Desa Pelem.

Menanggapi perkembangan pembebasan ini, Sekretaris Kecamatan Purwosari Budi Sukisna, S.STP menghimbau kepada warga agar tetap tenang. Pihaknya bersama jajaran Pemerintah Kecamatan Purwosari bertekad membantu warga.

"Dalam pembebasan lahan selalu ada permasalahan yang timbul. Mulai dari permasalahan hak kepemilikan maupun administrasinya. Karenanya kami siap memfasilitasinya agar permasalahan dapat diselesaikan dengan baik," katanya. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved