Home » , , » Industri Tahu Sedahkidul RT 7 Jaminan Mutu

Industri Tahu Sedahkidul RT 7 Jaminan Mutu

Written By KIM Sendang Potro on Kamis, 16 April 2015 | Kamis, April 16, 2015

Sedahkidul - Seorang warga RT 7/RW 2 Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ini menggeluti industri kerajinan tahu. Ialah Lamiran (38) sejak 3 tahun yang lalu gigih menjalankan bisnis home industri ini. Kini industri tahu-nya merupakan satu-satunya yang ada di Sedahkidul.

Bekal ilmu pembuatan tahu ini ia peroleh ketika menjadi pekerja pembuatan tahu di Desa Kuncen Kecamatan Padangan Bojonegoro. Atas pertimbangan order yang semakin banyak, maka ia memutuskan untuk mendirikan home industri ini. Hingga sekarang, pemasarannya pun semakin jelas. Tahu-nya selalu habis terjual di Pasar Ngambon dan Gayam.

Dengan bantuan 2 tenaga kerja, tiap hari ia bisa memproduksi 30 bak. Setiap bak-nya ia hargai 80 ribu rupiah. Bahan bakunya menggunakan Kedelai import. Karena harga delai lokal lebih mahal di banding  daerah lain.

"Aku nganggo delai impor. Delai lokal regane luwih larang (Red : Saya pakai dedelai import, kedelai lokal harganya lebih mahal)," kata pria 2 anak ini kepada KIMSPot, Kamis 16 April 2015.

Menurutnya, Harga kedelai import sebesar Rp 8.000. Kalau harga Kedelai Lokal Rp 10 000. Meski harganya mahal, Kedelai lokal ini susah didapat.

Masih menurutnya, untuk bersaing di pasaran ia tetap menjaga mutu tahu. Ia selalu selektif guna menghasilkan tahu yang bagus tampilannya, kenyalnya, rasanya dan awetnya.

Disela waktunya, ia berharap agar pemerintah mau membantunya dalam hal modal. Karena seiring musim orang punya hajat, permintaan pesanan tahu selalu meningkat.

Disaat yang berbeda, Kepala Desa Sedahkidul M Choirul Huda menyambut hangat industri tahu di RT 7 ini. Menurutnya, industri tahu itu perlu dikembangkan.

"Industri tahu itu perlu dikembangkan. Kalau kurang dalam permodalan, ia dapat pinjam di Kopwan," katanya. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved