Home » , » Kecamatan Sukosewu Sukses Bentuk KIM Berbasis IT

Kecamatan Sukosewu Sukses Bentuk KIM Berbasis IT

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 17 April 2015 | Jumat, April 17, 2015

Bojonegoro - Geliat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berbasi IT di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur tampaknya terus berkembang. Setelah sukses terbentuk 34 KIM berbasis IT di tahun 2014, pada tanggal 01 April 2015 lalu juga dibentuk KIM berbasis IT serentak di Kecamatan Purwosari yang dipelopori oleh KIM Sendang Potro Desa Sedahkidul bekerja sama dengan PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu dan didukung penuh oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro.

Tampaknya keberhasilan terbentuknya KIM se-Kecamatan tersebut juga diikuti oleh Kecamatan yang lain. Seperti yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur di pendopo kecamatan setempat, Kamis (16/04/2015) kemarin.

Yusnita Liasari, Camat Sukosewu dalam sambutannya mengatakan, "Sebelum menjabat sebagai Camat di Sukosewu, Saya bertugas di Kecamatan Trucuk dan Purwosari. Yang mana di dua wilayah tersebut, rata-rata telah memanfaatkan IT dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Oleh karena itu, kami dari pihak Kecamatan berinisiatif untuk membentuk KIM berbasis IT di wilayah Kecamatan Sukosewu".

Ia menambahkan, "Melalui media blog yang dimiliki oleh KIM, potensi-potensi yang ada di desa bisa dipublikasikan. Ironis sekali, misalnya potensi buah pepaya di Desa Klepek diakui oleh wilayah lain karena kurangnya publikasi. Nah, dengan terbentuknya KIM berbasis IT nanti, semoga potensi-potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Sukosewu semakin dikenal oleh pihak luar".

M. Ridwan, Sekretaris Kecamatan Sukosewu menambahkan, "Kami ingin Kecamatan Sukosewu Lebih Maju. Oleh karena itu, lewat kegiatan sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berbasis IT ini kami ingin nantinya KIM-KIM menginformasikan potensi yang dimiliki oleh desa se- Kecamatan Sukosewu, sehingga kelak dikenal oleh dunia".

"Sengaja, kami mendatangkan mas Didik Jatmiko Pembina KIM Sendang Potro Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari untuk berbagi dan memberikan penjelasan mengenai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berbasis IT kepada warga kami. Setelah pembentukan KIM berbasis IT ini, ke depan sebulan sekali akan diadakan bimbingan yang lebih maksimal dan kami minta bantuan dari KIM Sendang Potro", imbuh mantan Sekretaris Kecamatan Purwosari tersebut.

Sementara itu, Didik Jatmiko selaku narasumber menjelaskan bahwa, "KIM merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu tugas KIM adalah mewujudkan masyarakat yang aktif, peka dan paham informasi."

"Dengan terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat ini, berarti Kecamatan Sukosewu merupakan Kecamatan kedua yang telah mendirikan KIM Desa  berbasis IT secara serentak menyusul Kecamatan Purwosari, imbuh pria alumni Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2014 tersebut.

Pantauan di lokasi, peserta yang hadir terdiri dari 12 Desa di Kecamatan Sukosewu dan 2 Desa berhalangan hadir. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved