Home » , » Kelanjutan PNPM-MPd Belum Jelas

Kelanjutan PNPM-MPd Belum Jelas

Written By KIM Sendang Potro on Sabtu, 11 April 2015 | Sabtu, April 11, 2015

Bojonegoro - "Belum Jelas" begitulah wacana kelanjutan PNPM-Mpd yang muncul dalam Rapat Koordinasi di Pendopo Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (11/4/2015). Rapat Asosiasi Badan Pengawas PNPM-MPd se-Kabupaten Bojonegoro ini bertujuan untuk memperkuat solidaritas dan kualitas para anggota dalam melanjutkan pegelolaan aset PNPM. Meskipun Pnpm selesai kontrak, namun pengelolaan aset dalam simpan pinjam tetap berjalan.

Kontrak kerja Program Nasional yang membantu percepatan pembangunan Indonesia ini habis pada tahun 2014 seiring berakhirnya Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Program ini masih memiliki aset yang masih dikelola Unit Pengelola Kegiatan (UPK) tiap kecamatan dalam simpan pinjam. Termasuk PnPM Kecamatan Purwosari. Aset yang dikelola UPK sekitar 3 milyar rupiah. Namun hingga saat ini pemerintah belum membuat regulasi yang jelas dalam melanjutkan program ini.

Dalam rakor tersebut, hadir pula Kepala BPMPD (Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Bojonegoro Jumari.  Ia menyampaikan bahwa petunjuk pelaksanaan program kelanjutan Pnpm secara resmi belum ia terima.

"Kelanjutan PNPM-MPd, Belum jelas. Petunjuk pelaksanaannya sampai saat ini belum kami terima," kata Jumari.

Menurutnya, Struktur organisasi Pelaksana Kementrian PDT (Pembangunan Desa Tertinggal) tingkat propinsi sampai kabupaten belum terbentuk. Karena petunjuk pelaksanaan belum ada, Fasilitator pendamping tiap desa pun belum ada. Untuk menyikapi keadaan ini, ia menghimbau agar Forum BKAD, BP dan UPK se-Bojonegoro membuat Rancangan Aturan untuk diajukan menjadi Peraturan Bupati dalam waktu dekat. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved