Home » , , » Lewat KIM, Desaku Dikenal Dunia

Lewat KIM, Desaku Dikenal Dunia

Written By KIM Sendang Potro on Kamis, 02 April 2015 | Kamis, April 02, 2015

Purwosari - Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di suatu wilayah turut membantu dalam penyebaran informasi dan potensi yang dimiliki. Oleh karena itu, sebagai KIM yang sukses menjuarai LCCK KIM Berbasis IT Kabupaten Bojonegoro tahun 2014, KIM Sendang Potro Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro menggagas kegiatan pembentukan KIM dengan  tema "Desaku Dikenal Dunia" yang diikuti oleh seluruh Desa se-Kecamatan Purwosari. Kegiatan yang telah dilaksanakan pada Rabu, 01 April 2015 kemarin itu mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur P. Ini pertama kalinya diadakan pembentukan KIM serentak di tingkat Kecamatan. Saya salut kepada KIM Sendang Potro Sedahkidul yang mampu bermitra dengan pihak ketiga dalam mensukseskan kegiatannya.

Camat Purwosari, Bambang Hariyanto,SH mengatakan bahwa potensi yang dimiliki Kecamatan Purwosari beragam, misalnya potensi terung di Desa Donan, buah Sawo di Desa Sedahkidul dan sebagainya. Potensi ini perlu dimunculkan dan dipromosikan melalui sosial media seperti facebook, twitter, blog dan sebagainya. Dengan terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakt (KIM) 11 Desa  berbasis IT di wilayahnya, ia optimis akan menjadi gerbang bagi dunia luar untuk mengenal lebih dekat potensi yang dimiliki Kecamatan Purwosari.

Drs. Djoko Suharmanto Kepala Bidang Jarkom Dinkominfo Kabupaten Bojonegoro pada saat menjadi narasumber kegiatan mennyampaikan bahwa "KIM adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat".

Ia menambahkan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibentuk memiliki tugas dan fungsi. Tugas KIM adalah mewujudkan masyarakat yang aktif, peka dan paham informasi, memberdayakan masyarakat melalui akses informasi, mewujudkan jaringan informasi dua arah dan menghubungkan satu kelompok dengan kelompok lainnya. Sedangkan fungsi KIM adalah sebagai wahana informasi, sebagai mitra dialog pemerintah, sebagai sarana peningkatan literasi informasi, media massa dan teknologi komunikasi, dan sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

Pantauan di lokasi kegiatan, acara semakin seru setelah di akhir kegiatan diadakan kuis kecil-kecilan dengan memperebutkan doorprize dari PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Alhamdulillah, saya dapat doorprize-nya, ucap Novi salah satu peserta dari Desa Tinumpuk. (KIM SPot)

4 komentar:

  1. Bagus ini visi misinya KIM,
    Karena memang, untuk promosi daerah, lebih baik dilakukan oleh warganya sendiri. Karena warganyalah yang mengerti tentang seluk beluknya :)
    Sukses terus ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.... KIM siap menduniakan desa !!! Bersama kita lebih bisa !

      Hapus
  2. sukses selalu teman,... sampaikan semua informasi untuk masyarakat yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke teman... makasih dah mampir ! Salam KIM dari Sedahkidul - Purwosari - Bojonegoro

      Hapus

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved