Home » » Tehnik Menulis Berita Mampu Pengaruhi Publik

Tehnik Menulis Berita Mampu Pengaruhi Publik

Written By KIM Sendang Potro on Selasa, 14 April 2015 | Selasa, April 14, 2015

Bojonegoro - Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bojonegoro Kusnandaka Tjatur Prasetya memberi bekal tehnik menulis berita berbobot kepada KIM dan Media Center Bojonegoro. Materi ini ia sampaikan saat Pemantapan Peserta Pekan KIM Jatim 2015 di Aula Dinas Kominfo Bojonegoro, Selasa siang (14/4/2015). Termasuk KIM Sendang Potro yang saat itu ikut dalam rapat persiapan lomba yang diadakan di Kabupaten Nganjuk pada 20-24 April 2015 mendatang.

Menurut Kusnandaka, cara penulisan berita bagi KIM maupun Media Center harus sampai pada tingkat perubahan pembaca. Hasil akhir penulisan berita hendaknya pembaca menjadi paham akan informasi yang disampaikan. Kemudian mempengaruhi ekspresi pembaca dan tindakan pembaca setelah tahu informasi yang ditulis.

"Tujuan menulis berita harus jelas. Berita hendaknya mampu mempengaruhi tindakan pembaca setelah tahu informasi dari kita," kata Kusnandaka.

Masih menurutnya, subtansi dalam penulisan berita tidak hanya memuat unsur 5W + 1H saja. Namun harus didukung fakta dan hasil konfirmasi yang terarah kepada suatu tujuan. Foto berita pun harus diambil dari anggel yang 'mampu berbicara'. Sehingga berita itu bukan hanya seperti cerita mengambang. Tapi berita mampu mempengaruhi opini publik.

"Jepretan foto saya yang berdiri di sini seorang diri, akan beda ketika di foto itu tampak punggung beberapa orang di depan saya. Artinya saya bicara di depan audience", jelasnya.

Penjelasan itu senada dengan pembinaan Drs. Djoko Suharmanto, Kepala Bidang Jaringan komunikasi KOMINFO Bojonegoro. Menurutnya, Anggota KIM dapat mendaftarkan diri sebagai Anggota Aliansi Jurnalistik Independen (AJI). Namun KIM harus memenuhi berbagai syarat, termasuk diantaranya selalu update berita berbobot dan dapat dipertanggung-jawabkan.

"Jadi KIM harus terus belajar menulis hingga pemberitaannya sejajar dengan wartawan profesional," katanya. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved