Home » , » Tips Bersaing di MEA 2015 : Cintai Produk Sendiri

Tips Bersaing di MEA 2015 : Cintai Produk Sendiri

Written By KIM Sendang Potro on Senin, 13 April 2015 | Senin, April 13, 2015

Bojonegoro - Dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur  menghimbau kepada masyarakat agar membudayakan cinta produk sendiri. Himbauan ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Tehnologi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Ahmad Fadil Chusni pada Rapat Koordinasi Persiapan Pekan KIM Jawa Timur 2015 di Kantor Bakorwil Bojonegoro, Senin (13/4/2015).

"Cintai produk bangsa sendiri. Supaya produk kita berkembang dan mampu bersaing pada era MEA 2015 nanti" kata Fadil.

Ia mencontohkan Bangsa Korea yang selalu menggunakan produknya sendiri. Menurutnya, mereka menganut azas fungsi dalam pemilikan handpone. Masyarakat di sana menggunakan produknya sendiri. Meskipun merk-nya rendah, namun mereka tetap menggunakannya karena telah memenuhi fungsi handpone sebagai alat komunikasi. Hal ini berbanding terbalik dengan masyarakat Indonesia yang menganut azas 'Life Style'. HP-nya selalu ber-merk dan type yang berkelas.

Pada kesempatan tersebut, Fadil mengharapkan agar masrarakat jawa timur, khususnya KIM memanfaatkan IT sebagai alat untuk pengembangan ekonomi. Intinya mengembangkan pemasaran produk UKM (Usaha Kecil Menengah) melalui blog atau website.

"Blog KIM, seharusnya digunakan untuk blog penjualan produk UKM di sekitarnya. Sehingga produk kita diketahui dunia," ungkapnya.

Selaras dengan persiapan menghadapi MEA 2015, M. Choirul Huda Kepala Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro beberapa waktu lalu telah menyiapkan beberapa langkah untuk menghadapi MEA 2015 ini. Diantaranya peningkatan mutu produk meubel kayu jati Teguh Meubel di Desa Sedahkidul. Ia mendukung pemasaran meubel ini secara online melalui Potro Shop Sedahkidul. Selain itu, juga mengarahkan pembinaan UKM melalui pelatihan meubel agar desain, mutu dan fungsinya bernilai lebih tinggi. Sehingga mampu menarik perhatian masyarakat luar negeri. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved