Home » , » TP PKK Bojonegoro Gelar Lomba Cipta Menu

TP PKK Bojonegoro Gelar Lomba Cipta Menu

Written By KIM Sendang Potro on Senin, 13 April 2015 | Senin, April 13, 2015

Bojonegoro - Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur menggelar lomba Cipta Menu yang dilaksanakan di Pendopo Malowopati, Senin (13/4/2015). Lomba tersebut diikuti oleh 28 PKK Kecamatan se-Bojonegoro dengan menyajikan beragam jenis makanan dengan bahan makanan non beras, non terigu dan berbasis lokal. Lomba ini juga diikuti oleh TP PKK Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari.

Menariknya dalam lomba ini, semua bahan mentah harus berasal dari wilayah Bojonegoro. Tak hanya itu, salah satu poin penilaian adalah semua makanan yang disajikan harus berimbang, bergizi, beragam dan aman dikonsumsi.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, Hj. Mahfudhoh Suyoto menjelaskan bahwa lomba ini selalu dilaksanakan setiap tahun. Hal ini untuk menumbuhkan inovasi bagi PKK Kecamatan dalam menciptakan menu sehat untuk keluarga. Selain itu juga memberikan acuan kepada masyarakat soal makanan bergizi.

“Di Bojonegoro ada sekitar 5000 anak balita mengalami kerawanan gizi. Ini menjadi PR kita bersama bagaimana bisa menjadi sehat dan berkualitas,” ujar Istri Bupati Bojonegoro ini.

Dewan Juri pada Lomba Cipta Menu ini berasal dari Perwakilan Hotel, Sekolah Kejuruan Tata Boga dan Ahli Gizi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro. Masing-masing tim mendapatkan undian untuk penggunaan bahan baku. Seperti TP PKK Kecamatan Purwosari yang mendapat gembili sebagai bahan baku.

Adapaun hasil penilain dewan juri lomba cipta menu ini memutuskan TP PKK Kecamatan Gondang sebagai Juara 1, disusul juara 2 TP PKK Kecamatan Malo dan juara 3 TP PKK Kecamatan Bubulan. Adapula Juara Kategori Kreatifitas Pengembangan Pangan Lokal yang diraih oleh TP PKK Kecamatan Trucuk.

Sementara itu, setibanya di Balai Desa Sedahkidul, Ketua TP PKK Desa Sedahkidul Rei Meinina Wahyunita yang ikut mewakili TP PKK Kecamatan Purwosari saat ditemui KIMSPot mengatakan bahwa timnya belum terpilih sebagai juara lomba. Namun ia tidak kecewa, justru sangat senang karena mendapat pengalaman untuk membuat kreatifitas menu dari bahan makanan lokal.

"Hari ini belum dapat juara. Semoga tahun depan, Kecamatan Purwosari bisa meraih juara seperti kecamatan yang lainnya,"  kata Nina. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved