Home » , » 39 RTSM Dapat Kambing dari UPK Purwosari

39 RTSM Dapat Kambing dari UPK Purwosari

Written By KIM Sendang Potro on Rabu, 27 Mei 2015 | Rabu, Mei 27, 2015

Purwosari - Ditengah keberadaan PNPM - MPd (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perdesaan) yang serba tidak jelas pasca pemerintahan Presiden SBY, PNPM Kecamatan Purwosari masih menggeliat. Unit Pengelola Kegiatan PNPM Kecamatan Purwosari membagikan bantuan sosial (bansos) berupa 39 kambing, Minggu lalu. Dana ini bersumber dari keuntungan program Simpan Pinjam Perempuan yang berjalan pada masa perguliran 2014. 39 kambing ini diberikan kepada RTSM (rumah tangga sangat miskin) yang tersebar di 12 desa se-kecamatan Purwosari.

"Alhamdulilah, dari perguliran SPP tahun 2014 lalu kami dapat mengalokasikan dana bansos sebesar 39 juta lima ratus rupiah. Bansos kami wujudkan dalam bentuk kambing yang dibagikan untuk 12 desa. Besarnya bantuan diberikan berdasarkan nilai pinjaman yang beredar di desa masing-masing. Ada desa yang dapat 10 ekor, ada pula yang hanya 2 ekor, " kata Prayitno, Sekretaris UPK Kecamatan Purwosari.

Menurut Laskar Pemberdayaan dari Desa Pelem ini, Pembagian bansos dilakukan oleh Panitia Bansos yang dipimpin oleh Achmad Sunawi (44) dan Suprihadi (40) dari unsur Satpol PP Kecamatan Purwosari. Sedangkan tender pengadaan kambing indukan sejumlah 39 ekor dimenangkan oleh Agung (38) warga Desa Pojok. Saat berita ini ditulis, 39 kambing yang digunakan untuk bansos sudah dibagikan seluruhnya kepada pemanfaat.

Atas adanya bantuan sosial ini, salah satu pemanfaat merasa terbantu. Salah satunya Lasriah (46) warga Lor-an Desa Sedahkidul. Perempuan yang rumahnya terancam jurang kali gandong ini merasa gembira mendapat bantuan ini.

"Alhamdulillah. Terima kasih banyak, Mas. saya sangat senang mendapat bantuan ini. Akan saya pelihara kambing ini. Semoga segera beranak dan jadi banyak," kata debgab berseri-seri.

Menurut Sujani (34) Ketua UPK Purwosari, pembagian bansos dilakukan sejak Rabu (20/5) di Desa Purwosari. Hari Selasa (26/5) kemarin, merupakan hari terakhir pembagian di Desa Kaliombo. Ia berharap dari bantuan kambing ini dapat dimanfaatkan oleh RTSM untuk meningkatkan perekonomian keluarga. (KIMSPot)




0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved