Home » , » Manfaatkan TI Bagikan DAK-BOSDA SMK

Manfaatkan TI Bagikan DAK-BOSDA SMK

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 15 Mei 2015 | Jumat, Mei 15, 2015

Sedahkidul - "Sedahkidul, Desa Online" begitulah jargon yang dipopulerkan setelah pemasangan WIFI di Balai Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Bojonegoro Jawa Timur. Berkat jaringat internet ini, layanan pemerintah desa semakin mudah. Salah satunya layanan penyaluran DAK-BOSDA (Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Sekolah) tingkat SMK.

Di desa yang identik dengan Sendang Potro ini memiliki warga yang sedang mengenyam pendidikan di MAN Tangerang Banten. Ia adalah M Tamalus Firdaus (16) warga RT.4 RW.2. Pada Rabu (13/5) lalu, Pemerintah Desa memanfaatkan Tehnologi Informasi melalui telepon dan e-mail (baca : surat elektronik) dengan sekolah yang berada jauh di Propinsi Banten itu.

"Ada salah satu warga kami yang sedang sekolah di Tangerang, Banten. Untuk penyaluran Bosda, kami gunakan e-mail dan telepon. Bayangkan saja, bila layanan ini dilakukan dengan jalur darat, tentunya memakan biaya sangat besar. Jadi internet ini sangat membantu," kata M. Choirul Huda, Kades Sedahkidul di kantornya, Rabu (13/5).

Seperti diberitakan KanalBojonegoro.com, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memberikan DAK-BOSDA untuk anak yang sekolah dari PAUD hingga tingkat SMU sederajat mulai tahun ini. Saat ini baru BOSDA khusus anak sekolah tingkat SMU sederajat yang sudah siap disalurkan. Penyaluran dana ini melalui desa.

Berdasarkan sumber data di Pemerintahan Desa Sedahkidul, terdapat 31 anak SMU/sederajat yang mendapat BOSDA ini. Perinciannya : 11 anak sekolah kelas 3 mendapat masing-masing 250 ribu rupiah dan 20 anak kelas 1 dan kelas 2 masing-masing mendapat 5 ratus ribu rupiah.

Dari 31 anak tersebut terbagi dalam 6 sekolah. Diantaranya : SMK N Purwosari, MAN Darul Ulum Purwosari, SMU N Padangan, MAN Padangan, SMU N Ngraho dan MAN Tangerang Banten.

"Dana Bosda  untuk anak SMU ini sudah masuk rekening desa di Bank Jatim. Karenanya hari ini kami mengadakan sosialisasi pencairan kepada wali murid," kata Sudiono, Bendahara Desa Sedahkidul saat rapat bersama warga yang anaknya akan mendapat Bosda di Balai Desa, Selasa (12/5).

Dalam rapat tersebut disampaikan bahwa Bosda segera diterimakan. Guna penyaluran tersebut, penerima diminta untuk menyerahkan rincian penggunaan dana yang ditandatangani oleh masing-masing kepala sekolahnya. Surat perincian inilah nantinya yang digunakan oleh desa untuk laporan pertanggung jawaban. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved