Home » , » Makanan Melimpah, Cermin Desa Makmur

Makanan Melimpah, Cermin Desa Makmur

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 07 Agustus 2015 | Jumat, Agustus 07, 2015

Sedahkidul - Masih meriah seperti dulu. Upacara manganan (sedekah bumi-red) di Pelataran Sendang Potro Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur berlangsung sekitar pukul 10.00 hingga 11.00 WIB pagi tadi. Tampak tua maupun muda berbaur berjalan kaki beriringan menyusuri pematang menuju lokasi sendang potro. Ada pula yang menggunakan sepeda motor dengan menjijing tumpeng.

Berbagai jenis makanan seperti nasi, lauk pauk serta buah-buahan hasil pertanian turut meramaikan acara ini. Tidak ketinggalan jajanan tradisional seperti: Onde-ode, krecek, jadah, kucur, dodol jenang, manco, gapit kluntung, opak dan reteh. Tumpeng dan jajanan ini dibagikan ke warga setelah pemanjatan doa syukuran yang dipimpin oleh Kaur Kesra. 

"Pemerintah Desa Sedahkidul sangat mendukung acara manganan ini. Selain untuk melestarikan budaya, acara ini juga menjadi sarana untuk menjalin kerukunan warga" kata Kepala Desa Sedahkidul M. Choirul Huda. 

Ayah satu anak ini menambahkan bahwa upacara manganan di sendang potro ini dilakukan dengan doa-doa dan tata cara syukuran sesuai ajaran agama islam. Sehingga ajaran agama dan budaya dapat berjalan dengan selaras. 

Dalam kesempatan yang sama, Jogoboyo Suliman (46) menyebutkan bahwa manganan di sendang potro dilakukan setiap tahun sekali. Yaitu pada hari Jum'at Pon (penanggalan jawa) biasanya sekitar bulan 7 atau 8. Adat ini sudah dilakukan dari dahulu oleh nenek moyang. Menurutnya, sejak ia lahir, manganan ini sudah ada. Jadi warga tinggal melestarikan saja sehingga terjalin kerukunan bersama.

"Sudah diniati, dihajati kami membuat tumpeng untuk sedekah, Mas. Tadi tampak nasi dan jajanan melimpah. Itu mencerminkan kehidupan masyarakat Sedahkidul hidup makmur", kata Sripah (65) warga Loran.

Pada perayaan sedekah bumi kali ini, warga dihibur dengan pagelaran wayang thengul siang dan malam dengan dalang Ki Sutopo dari Padangan. Siang harinya di pelataran Sendang Potro, sedang malam harinya di Halaman Balai Desa Sedahkidul. (DIN/KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved