Home » , » 84 Warga Terima Lantai Sehat

84 Warga Terima Lantai Sehat

Written By KIM Sendang Potro on Kamis, 17 September 2015 | Kamis, September 17, 2015

Sedahkidul - Udara panas musim kemarau masih terasa menyengat di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, Rabu (16/9). Di salah satu sudut perkampungan tampak seorang warga sedang mengaci plester lantai rumahnya. Ia adalah Jarmin (42) warga Pencol RT.7 Desa sedahkidul yang baru-baru ini menerima bantuan Plesterisasi dari Program Desa Sehat dari Pemerintah Desa Sedahkidul.

"Alhamdulillah, lantai rumahku sudah plester, Mas. Rasanya jadi adem. Nganyam kepang pun lebih mudah karena tidak terganjal kerikil," kata Jarmin.

Ayah satu anak yang berprofesi sebagai pengrajin kepang bambu ini merasa senang mendapat bantuan ini. Ia mengaku sudah lama ingin memiliki lantai rumah plesteran. Namun harapannya selalu kandas karena penghasilannya sebagai pembuat kepang bambu hanya cukup untuk biaya makan sehari-hari.

Selain Jarmin, hal sama juga dirasakan oleh 83 warga Sedahkidul lainnya. Pasalnya baru-baru ini Pemerintah Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro memberi bantuan plesterisasi bagi 84 warga yang kurang mampu tahun ini. Sedangkan sisanya dilanjutkan pada tahun anggaran berikutnya. Hingga semua rumah warga sedahkidul berlantai plester semua.

Saat ini, plesterisasi sudah selesai dikerjakan.Tepatnya pengerjaan dimulai 7 hingga 20 Agustus tahun ini. pemanfaat sebanyak 84 warga yang di bagi menjadi 10 rumah tiap RT. dan tambahan 4 lainnya yang ditentukan oleh RW.

"Program plesterisasi ini dalam rangka menciptakan desa sehat sesuai tujuan pembangunan  Bojonegoro yang ingin menciptakan " Wong Bojonegoro Sehat, Cerdas, Kreatif dan Bahagia. Tahun ini yag dikerjakan 88 rumah warga," kata Didik Jatmiko Sekretaris TPK ( Tim Pelaksana Kegiatan) Plesterisasi.

Sementara itu, Sumber data desa menyebut bahwa dana plesterisasi ini mencapai 200 juta. Dana ini diambilkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2015.  Tiap rumah rata-rata mendapat bantuan seluas 24 meter persegi. Plester berupa cor beton dengan material batu koral, pasir dan semen. Sehingga bila semua biaya pengerjaan dikalkulasikan dalam permeter persegi mencapai 100 ribu rupiah.

"88 warga yang mendapat plester tahun ini ditentukan sepenuhnya oleh RT-RW. Bagi yang belum dapat, harap menunggu giliran tahun berikutnya" kata Kepala Desa Sedahkidul M. Choirul Huda saat ditemui KIMSPot di ruang kerjanya, Selasa (15/9).

Pria yang juga Aktifis Asosiasi Kepala Desa (AKD) se-Bojonegoro ini menjelaskan bahwa proyek plesterisasi dilaksanakan oleh Timlak Plesterisasi. Anggotanya berasal dari perangkat desa dan masyarakat. Dalam pengerjaanya dilakukan secara gotong-royang warga penerima manfaat dan bantuan personil Koramil Purwosari.

"Tim Pelaksana Plesterisasi ini dilakukan oleh RT-RW. Saya ingin koordinasi tiap RT-RW bisa jalan maksimal. Sehingga Jika ada masalah dalam pengerjaan, langsung dapat ditangani pada tingkat RT-RW setempat. Bila tidak mampu, baru desa nanti yang turun tangan. Bagi warga kurang mampu yang belum mendapat bantuan, harap bersabar. Plesterisasi terus berlanjut. Jadi tunggu giliran pada tahun berikutnya," kata Huda. (KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved