Home » » Genjot Desa Sehat dengan 300 Tong Sampah

Genjot Desa Sehat dengan 300 Tong Sampah

Written By KIM Sendang Potro on Kamis, 31 Desember 2015 | Kamis, Desember 31, 2015

Sedahkkidul - Cuaca cerah pada penghujung akhir tahun 2015 masih membawa semangat membangun bagi masyarakat Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Pasalnya hari ini (31/12/2015) Pemerintah Desa Sedahkidul kembali merealisasikan "Program Satu Rumah Satu Pasang Tempat Sampah". Sebanyak 300 pasang tong sampah dibagikan ke warga melalui masing-masing Ketua RT. Yang dibantukan kepada warga berupa 2 tong sampah untuk sampah basah dan kering lengkap dengan pipa penyangga sebagai tempat dudukan tongnya.

" Tiap rumah nantinya dipasang satu unit tong sampah. Hal ini untuk mendorong warga agar peduli lingkungan" kata Kepala Desa Sedahkidul M Choirul Huda.

Dengan adanya program ini, Huda (Panggilan akrabnya) berharap masyarakat lebih meningkatkan gaya hidup sehat termasuk membuang sampah pada tempatnya. Selain itu nantinya juga terbentuk komunitas pengelola sampah rumah tangga untuk dijadikan pupuk dan lain-lain. Bila pengelolaan sudah mahir, akhirnya jadilah bank sampah.

Masih menurutnya Program satu sumah satu tempat sampah ini sangat mendukung Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC)yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.  Setelah bantuan lantai sehat yang terus berjalan, kini ada bantuan tong sampah. Jadi Desa Sedahkidul berusaha menciptakan desa sehat sesuai indikator yang telah ditetapkan.

Beberapa Indikator Desa Sehat ada 8 diantaranya :
1. Open Defecation Free (ODF)
2. Sanitasi non ODF
3. Angka Kematian Ibu dan angka Kematian Balita
4. Balita Kurang Gizi
5. Lantai Rumah Sehat
6. Lingkungan Sehat
7. Kepesertaan JKN
8. Kepesertaan KB

(KIMSpot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved