Home » , » Launching SID Sedahkidul, Jadi Bahan Study Banding

Launching SID Sedahkidul, Jadi Bahan Study Banding

Written By KIM Sendang Potro on Jumat, 25 Maret 2016 | Jumat, Maret 25, 2016

Sedahkidul-Pemukulan kentongan dan pembukaan peta 3 dimensi desa menandai peluncuran Sistem Informasi Desa (SID) Sedahkidul, Kamis siang (17/3)di Balai Desa Sedahkidul. Pemukulan kentongan ini dilakukan oleh Kepala Desa Sedahkidul M. Choirul Huda yang didampingi Kusnandaka Tjatur Prasetyo (Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro), Budi Sutisna (Sekcam Purwosari) dan Ahmad  Mahmudi (Direktur LPTP). Hadir dalam acara itu masyarakat desa, BPD dan tokoh agama, SEKCAM Purwosari, KADIN KOMINFO beserta Staffnya serta perwakilan dari beberapa LSM dari Bojonegoro dan Yogyakarta.

Kelompok masyarakat yang bekerja menggalang data berjumlah 6 orang ini akhirnya resmi dilaunching dengan nama Tim SID Sedahkidul. Tim ini terbentuk atas kerja sama antara Pemerintah Desa Sedahkidul, INSIST Yogyakarta, Ademos Bojonegoro dan LPTP (Lembaga Pengembangan Tehnologi Pedesaan).

Tim ini bertugas sebagai pangkalan data desa yang digunakan sebagai acuan analisa guna perencanaan pembangunan. Sehingga mereka menghimpun semua data desa. Baik data Sosial maupun data Geospasial. Data sosial seperti Jumlah penduduk, Nama warga, kepemilikan ternak, penghasilan hingga data belanja. Data Geo-spasial seperti data Luas wilayah, batas hingga tata guna lahan.

Namun ada yang unik dalam acara ini. Meski baru dilaunching, TIM SID Sedahkidul menjadi bahan studi banding dari Kabupaten Jombang. Sekitar 20 orang rombongan dari Desa Kepuhrejo  Kecamatan Kudu, Jombang, Jawa timur. Mereka juga Tim SID baru dibentuk yang ingin melihat sendiri bentuk launching dan metode kerja SID untuk perbandingan.

"Kami datang kemari untuk melihat langsung bagaimana bentuk launching SID Sedahkidul. Mengingat kami juga baru membentuk TIM SID. Tidak hanya perwakilan, Anggota TIM kami ajak semua agar dapat belajar langsung dari TIM SID Sedahkidul", kata Ambar (40), Kades Kepohrejo.

Pada Kesempatan itu, Kades Sedahkidul berkenan menyambut tamu dari Jombang dan semua yang hadir.

"Kami merasa tersanjung dihadiri rombongan dari Jombang, Kominfo, para LSM dan semua yang hadir. Semoga TIM SID ini memberi manfaat bagi kita semua. Terutama keakuratan data yang dihasilkan guna perencanaan pembangunan sedahkidul," kata M Choirul Huda (Kades Sedahkidu).

Sementara itu SEKCAM Purwosari juga menyoroti tentang kemampuan TIM SID Sedahkidul.

"Selamat untuk Desa Sedahkidul yang telah memiliki Tim SID. Tim SID memang telah berhasil menghimpun data desa dan dapat diakses secara mudah. Namun dalam penyampaiannya juga perlu ditinggkatkan agar tercapai persepsi searah yang positif," kata Budi Sutisna (Sekcam Purwosari).

Tak ketinggalan, Kadin Kominfo juga menyambut baik acara launching ini.

"Sebenarnya ada banyak LSM yang menghadap Pemkab dan melakukan survey data. Kami belum menentukan mengambil salah satu metode yang mereka tawarkan sebagai acuan. Namun dengan terbentuknya SID ini saya kembalikan ke desa. Silahkan dimanfaatkan guna membantu perencanaan pembangunan. Semoga menjadi pioner pembentukan TIM SID dan jadi percontohan bagi desa-desa lainnya", kata Kusnandaka (Kadin KOMINFO).

Penulis : Rosidin / KIMSPot

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved