Home » , , » Hapus Kekerasan di Forum PKK

Hapus Kekerasan di Forum PKK

Written By KIM Sendang Potro on Senin, 25 Juli 2016 | Senin, Juli 25, 2016

Sedahkidul-KIM Sendang Potro bersama PKK Sedahkidul sosialisasikan posko layanan aduan kekerasan perempuan dan anak pada forum pertemuan rutin mingguan di Balai Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, Minggu (24/7). Selain sosialisasi, mereka juga melakukan penyuluhan kepada ibu-ibu tentang bentuk-bentuk tindak kekerasan pada ibu dan anak.

Siang itu sekitar pukul 13.30 WIB, anggota PKK Sedahkidul sedang mengadakan pertemuan rutin mingguan. Pertemuan itu mereka isi dengan arisan dan rapat persiapan untuk lomba senam perwosi tingkat kecamatan purwosari pada 6 Agustus mendatang. Namun suasana pertemuan itu semakin ramai ketika didatangi beberapa anggota KIM Sendangpotro. Ternyata mereka memberi penyuluhan tentang pencerahan kekerasan pada perempuan dan anak.

Pada kesempatan itu, Ketua KIM Sendang Potro Rasidin (39) menjelaskan berbagai bentuk tindak kekerasan. Bentuk kekerasan tersebut dapat digolongkan sebagai berikut :

    Tindak kekerasan fisik adalah tindakan yg bertujuan untuk melukai, menyiksa / menganiava orang lain dengan menggunakan anggota tubuh pelaku (tangan, kaki) / dengan alat-alat lain. Bentuk kekerasan fisik yang dialami perempuan Antara lain: tamparan, pemukulan, penjambakan, mendorong secara kasar, penginjakan, penendangan, pencekikan, pelemparan, benda keras, penyiksanaan menggunakan benda tajam, seperti : pisau, gunting, seterika serta pembakaran, tindakan tersebut mengakibatkan rasa sakit, jatuh sakit dan luka berat bahkan sampai meninggal dunia.

    Tindak kekerasan psikologis yaitu tindakan yang bertujuan merendahkan citra seorang perempuan, baik melalui kata-kata maupun perbuatan (ucapan menyakitkan, kata-kata kotor, bentakan, penghinaan, ancaman) yang menekan emosi perempuan. Tindakan tersebut mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya dan/atau penderitaan psikis berat pada seseorang.

    Tindak kekerasan seksual yaitu kekerasan yang bernuansa seksual, termasuk berbagai prilaku yang tak diinginkan dan mempunyai makna seksual yang disebut pelecehan seksual, maupun berbagai bentuk pemaksaan hubungan seksual yang disebut sebagai perkosaan. Tindakan kekerasan ini bisa diklasifikasikan dalam bentuk kekerasan fisik maupun psikologis.

    Tindak kekerasan ekonomi Yaitu dalam bentuk penelantaran ekonomi dimana tidak diberi nafkah secara rutin atau dalarn jumlah yang cukup, membatasi/atau melarang untuk bekerja yang layak di dalam rumah ataupun di luar rumah, sehingga korban dibawah kendali orang tersebut.

"Kami (KIM-maksudnya) bekerja sama dengan PKK khususnya meja nomor 6 untuk posko aduan tindak Kekerasan perempuan dan anak. Bila ada tindak kekerasan, Silahkan mengadukannya ke posko ini," kata Rasidin.

Menurutnya, KIM dan PKK akan mendampingi korban untuk mendapatkan perlindungan hingga mendapatkan haknya.

"Kami juga memberikan konseling (bimbingan dan penyuluhan-red) agar masyarakat tahu tentang bentuk kekerasan, hak korban dan sangsi hukumnya," katanya.

Namun yang utama menurutnya, Solusi terbaik dari semua kasus itu adalah jalan damai. Layanan yang diberikan berupa pendampingan dalam mencari solusi penyelesaian masalah.

Anggota forum nampak antusias mengikuti acara itu hingga selesai. Kebanyakan mereka menanyakan hubungan kekerasan dengan perbuatan buruk yang kerap ditemui, seperti caci-maki, anak dilarang sekolah, tidak diberi belanja dan lainnya.

"Sebelumnya, saya tidak tahu sama sekali apa itu kekerasan terhadap perempuan dan anak. Namun setelah mendapat penyuluhan ini, saya jadi tahu kemana untuk melapor," kata Warsini (52) warga Kidulan usai mengikuti penyuluhan itu.

Ketika dihubungi usai pertemuan PKK itu, Kepala Desa Sedahkidul M Choirul Huda mengapresiasi penyuluhan itu. Ia merasa upaya KIM dan PKK sangat bermanfaat bagi warga.

"Terobosan yang dilakukan KIM dan PKK sangat bagus. Ini sangat membantu warga jadi melek hukum. Jadi kekerasan perempuan dan anak dapat dicegah sedini mungkin," kata Huda.  (MUS/PN/KIMSpot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved