Home » , » 30 Fakta dan Mitos Soal Diet

30 Fakta dan Mitos Soal Diet

Written By KIM Sendang Potro on Senin, 24 Juli 2017 | Senin, Juli 24, 2017

Sedahkidul - Berbicara tentang diet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti halnya yang dirangkum oleh detikHealthy berikut ini. Ada 30 Fakata dan Mitos Soal Diet yang perlu kamu perhatikan, yaitu :

1. Karbohidrat adalah musuh

Saat diet, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat. Sehingga menyebut karbodhidrat adalah musuh adalah anggapan yang salah. Daripada memusuhi karbohidrat, lebih baik pilih jenis karbohidrat yang baik dan kompleks.

2. Protein buat badan gendut

Protein tetap dibutuhkan dalam menu harian. Bahkan, jika tubuh kekurangan protein malah membuat Anda kesulitan menurunkan berat badan. Pilih protein yang bersumber dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti quinoa.

3. Makanan manis harus dihindari

Justru mengonsumsi makanan manis bisa membantu menurunkan berat badan. Asal, dikonsumsi dalam waktu yang tepat. Mengonsumsi makanan manis di awal waktu makan bisa menjaga selera makan seseorang.

4. Kuning telur bikin gendut

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi telur seutuhnya, dengan kuning telurnya juga, justru lebih tepat untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

5. Berhenti minum susu

Pada dasarnya semua makanan adalah baik, hanya saja pola makannya yang kurang baik. Diet bukan berarti stop minum susu secara drastis. Sebaiknya tetap konsumsi susu yang mengandung kalsium dan vitamin D.

6. Jus pengganti makanan padat

Mengganti makanan padat dengan jus dalam jangka panjang dapat membuat Anda kekurangan nutrisi penting. Anda juga cenderung jadi mengonsumsi gula berlebihan. Apalagi jika proses pembuatannya menggunakan gula tambahan.

7. Konsumsi makanan rendah lemak

Seringkali orang memilih menu yang rendah lemak sebagai cara memangkas berat badan. Sayangnya. makanan rendah lemak yang dijual seringkali dikemas dengan pati halus dan gula untuk mengompensasi kurangnya rasa, sehingga membuat Anda ketagihan.

8. Begadang bisa bikin gemuk

Kurang tidur bisa membuat badan mudah gemuk. Studi yang dilakukan di Finlandia terhadap 2.000 responden menemukan bahwa orang yang memiliki tidur cukup rata-rata lebih mampu mengontrol nafsu makannya. Sebaliknya, mereka yang kurang tidur cenderung memiliki nafsu makan lebih tinggi.

9. Berjemur bisa bantu diet

Orang yang terbiasa terpapar sinar matahari di pagi hari rata-rata memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan yang jarang. Alasannya, tubuh memanfaatkan gelombang sinar biru dari cahaya matahari pagi untuk membakar kalori dan menyeimbangkan metabolisme.

10. Makan apapun asal olahraga

Asupan energi Anda harus seimbang dengan energi yang Anda keluarkan agar dapat menurunkan berat badan. Tapi bukan berarti Anda jadi bebas makan apa saja. Banyak orang mengganti energi yang mereka bakar selama berolahraga dengan meminum sport drink yang tinggi gula.

11. Makan malam menimbun kalori

Seorang pakar kesehatan menjelaskan bahwa Anda baru akan mengalami penambahan berat badan jika asupan energi harian total Anda melebihi total energi yang dikeluarkan, terlepas dari jam berapapun Anda mengonsumsi kalori-kalori tersebut.

12. Dilarang ngemil

Ketika diet, seseorang dianjurkan untuk ngemil di sela waktu makan, agar nafsu makan dan metabolisme tubuh tetap terjaga. Namun ingat, Anda perlu cermat memilih jenis camilan seperti ubi jalar, semangka dan pisang.

13. Nasi biang keladi kegemukan

Beberapa orang sengaja menghindari nasi demi bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan signifikan. Namun sebenarnya ini tidak serta-merta membuat badan menjadi langsing jika yang bersangkutan mengganti nasi dengan makanan lain yang berkalori tinggi dan tidak berolahraga.

14. Renang pilihan terbaik

Berenang memang bisa jadi cara memangkas lemak. Tetapi, dengan catatan tidak dilakukan di kolam yang terlalu dingin. Sebab, usai berenang dalam keadaan dingin, tubuh akan mudah lelah dan membutuhkan makanan agar bisa menormalisir suhu di dalam tubuh.

15. Cokelat penyebab utama gendut

Penelitian yang dilakukan di University of California ini malah menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi cokelat cenderung lebih kurus. Meski tetap harus dibarengi dengan olahraga, namun perbedaannya cukup signifikan dibanding yang tidak makan cokelat.

16. Yogurt sehat

Yogurt menyediakan probiotik yang penting bagi kesehatan usus. Sebuah penelitian membuktikan wanita yang rutin makan yogurt kehilangan berat badan 2 kali lipat lebih banyak dibanding mereka yang tidak memakannya.

17. Daging putih lebih baik

Kandungan lemak pada daging ayam dan daging sapi tidak jauh berbeda. Sirloin steak memiliki sedikitnya 5 gr lemak per 100 gr, sedangkan paha ayam dapat memiliki hingga 9 gr per 100 gr.

18. Orang gemuk tinggi kolesterol

Pada kenyataannya tidak selalu begitu. Seorang dokter menerangkan, orang yang gemuk dikarenakan adanya lemak bawah kulit dan lemak visceral sedangkan orang yang memiliki kolestrol lemaknya ada di dalam aliran darah seseorang.

19. Telan sperma bisa gendut

Di sperma memang ada kandungan fruktosa dan protein. Di cairannya juga ada beberapa kandungan lainnya, tetapi dengan menelannya tidak akan terlalu berpengaruh besar seperti membuat seseorang menjadi mudah gemuk.


20. Jauhi minyak ikan

Tidak ada yang salah dari mengonsumsi minyak ikan. Hanya saja jika ingin mengonsumsi minyak ikan, Anda harus mulai mengurangi makanan yang lain untuk menyeimbangkan kalori yang masuk. kuncinya adalah dengan memperhatikan pola makan.

21. Pemikir sulit memangkas bobot

Orang yang terlalu banyak memikirkan sesuatu, berorientasi pada tujuan, dan perfeksionis. Ia mudah stres dan tertekan. Kepribadian ini pada akhirnya akan lebih mudah makan berlebihan dan memiliki tingkat sukses diet yang rendah.

22. Berat turun dengan berdiet

Faktanya, untuk menurunkan berat badan harus tetap diimbangi dengan olahraga. Menjaga pola makan adalah salah satu cara untuk menyempurnakan strategi penurunan bobot tubuh.

23. Porsi kecil membantu metabolisme

Cara ini hanya akan membuat sebagian orang sulit mengontrol napsu makan. Beberapa studi menyarankan jika seseorang mencoba menurunkan berat badannya, pendekatan terbaiknya adalah dengan tiga kali makan porsi penuh dan dua kali konsumsi camilan sehat dalam sehari.

24. Air lemon buat kurus

Jika dikatakan konsumsi air jeruk lemon dapat membuat metabolisme tubuh meroket, maka jawabannya adalah mitos. Sampai saat ini belum ditemukan secara ilmiah kaitan antara jeruk lemon dengan metabolisme tubuh secara langsung.


25. Pisang tak dianjurkan

Tak ada alasan untuk melarang pisang masuk menu harian ketika sedang melakukan diet. Meskipun pada metode 'bulletproof coffee diet', buah pisang dan jeruk tidak dianjurkan. Semua buah mengandung karbohidrat berbentuk gula (fruktosa). Namun tak perlu khawatir karena gula pada buah aman untuk dikonsumsi.

26. Pil KB penyebab kegemukan

Nyatanya, pertambahan berat badan bukan dipengaruhi efek pil KB. Ini lebih dipengaruhi dari segi usia, efek hormon alami di tubuh, pengaturan makan, dan pengaturan gaya hidup.

27. Jus alpukat itu 'haram'

Alpukat memang memiliki lemak, namun bukan lemak jahat. Alpukat mengandung lemak sehat yang tinggi omega 3 dan omega 6. Lemak sehat memasok kebutuhan energi lebih lama dengan mengatur seberapa cepat glukosa memasuki sel.

28. Minum air 8 gelas

Dokter di University of Pennsylvania Amerika Serikat meneliti manfaat minum banyak air, mereka tidak menemukan bukti bahwa hal itu mengarah pada kulit yang lebih bersih, menurunan berat badan atau membantu tubuh untuk detoksifikasi. Jumlah air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda dan rasa haus adalah indikator terbaik.

29. Karbohidrat hanya dari nasi

Karbohidrat ditemukan pada berbagai makanan, tidak hanya dari nasi. Roti, sereal, jagung, umbi-umbian dan pasta juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat juga ada dalam jumlah kecil pada gandum dan biji-bijian.

30. Melewatkan waktu sarapan

Tak sedikit orang yang dengan sengaja melewatkan waktu sarapan karena takut gemuk. Padahal persepsi tersebut justru keliru. Menurut Dr dr Luciana B. Sutanto, Ms, SpGK dari Indonesian Nutrition Association, sarapan justru bisa membantu seseorang mempertahankan berat badan.

Setelah mengetahui 30 Fakta dan Mitos Soal Diet ini semoga bermanfaat ya. Ayo jadi generasi Bojonegoro yang sehat ! (red/KIMSPot)

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved