Home » , , » Ledre Sedahkidul Butuh Bantuan Pemasaran

Ledre Sedahkidul Butuh Bantuan Pemasaran

Written By KIM Sendang Potro on Minggu, 13 Agustus 2017 | Minggu, Agustus 13, 2017

Sedahkidul, Perajin Ledre di Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur berharap bantuan pemasaran. Mereka berharap dapat memiliki label sendiri sehingga dapat mengangkat nama daerah asalnya. Hal itu disampaikan kepada KIM Sendang Potro saat berkunjung ke rumahnya Sabtu (12/8).

Rubiyatun Perajin Ledre Sedahkidul (Foto: DIN/KIMSPot)
Siang itu, KIM Sendang Potro mengunjungi pengrajin ledre di RT.6 Desa Sedahkidul. Sampai di rumah salah satu perajin, tampak tuan rumah sedang sibuk menuangkan adonan ke loyang pembuatan ledre. Setelah mempersilahkan duduk, ia menawari mencicipi ledrenya. Tentu saja gratis.

"Ledrenya gurih, enak, apalagi kalau di temani segelas teh hangat. Waahh, nikmat" kata Suliman, Anggota KIM Sendang Potro yang datang bersama saat itu.

Tuan rumah pun tersenyum lalu membuat teh. Ia adalah Rubiyatun (48) warga RT.6 Desa Sedahkidul. Wanita yang tinggal bersama suami dan seorang cucu ini bercerita tentang keluh kesahnya selama membuat ledre.

"Sudah 12 tahun lebih saya membuat ledre. Hasilnya selalu disetor ke tenggkulak di Desa Padangan. Saya berharap di sini ada pengepulnya. Sehingga kalau setor tak perlu jauh-jauh," kata Rubiyatun 

Menurutnya, setiap hari ia dapat membuat sekitar 600 buah. dikemas dalam bungkus plastik 20 buah. tiap bungkus dihargai 5 ribu rupiah. Dari ledre ini, ia dapat menopang ekonomi keluarganya. Membiayai sekolah kedua anaknya.

"Saya dulu juga membuat ledre. susah memang, tapi menyenangkan," kata Murniati (34) salah seorang anggota PKK desa Sedahkidul. 

Menurutnya, untuk membuat mengemas ledre dan memberi branding produksi sedahkidul itu mestinya bisa dilakukan karena di desa ini terdapat perajin ledre sekitar 15 orang.

"Ada sekitar 15 orang perajin ledre di sini. Kalau hasilnya dikumpulkan, tentu sudah mampu untuk dibuatkan label sendiri," ujarnya.
Ledre Sedahkidul dan Pisang Raja  (Foto: DIN?KIMSPot)

Ketika hal ini di konfirmasi ke pemerinta desa, Kepala Desa membenarkan adanya perajin ledre.

"Memang ledre sedahkidul perlu dikembangkan. Untuk brandingnya, silahkan buat kelompok dan nanti saya fasilitasi ke Dinas Koperasi di Bojonegoro," kata M. Choirul Huda. (*) 

(Penulis : Din Rosidin / KIMSPot)





0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved