Home » » Potensi Baru Sedahkidul, Jalan Lingkar Empat Kilometer

Potensi Baru Sedahkidul, Jalan Lingkar Empat Kilometer

Written By KIM Sendang Potro on Minggu, 27 Agustus 2017 | Minggu, Agustus 27, 2017

Sedahkidul, Pembuatan Jalan Usaha Tani dan Jalan lingkungan yang dilakukan Pemerintah Desa Sedahkidul Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro telah selesai pada Minggu (27/8). Lebar jalan sekitar tiga meter, melingkar mengitari desa sepanjang empat kilometer.  

Pembuatan Jalan Lingkar dengan Escavator (Foto : DIN/KIMSPot)

"Sudah satu bulan kami membuat jalan membuat. Ini hari terakhir untuk pembuatan jalan usaha tani dan jalan lingkungan.  Permukaan jalan masih berupa tanah liat namun sudah diratakan. Escavator nya sudah dikembalikan," kata Suhadi (45) Pelaksana Pembangunan Jalan Usaha Tani. 

Selain Jalan Usaha tani, ada 4 tempat baru yang dibuat jalan di sekitar pemukiman penduduk. Satu tempat di RT.05, dua tempat di RT.06 dan satu tempat di RT.07. Jalan lingkungan ini sudah jadi bahkan telah dipadatkan dengan urukan tanah putih (Pedel-red).

"Jalan lingkungan sudah jadi juga. Warga telah menggunakan jalan ini walaupun permukaannya masih berupa tanah liat," kata Didik Setiawan (32) Ketua RT.3. yang bertugas mengawasi pembuatan jalan lingkungan.

Jalan yang dibuat dengan bantuan Escavator Kodim 0318 Bojonegoro itu ditanggapi positip oleh warga Sedahkidul. Mereka tampak menggunakan jalan baru itu untuk aktivitas sehari-hari. Ada yang membawa pupuk, pakan ternak bahkan membawa jagung yang mereka panen. Ada yang menggunakan sepeda motor, ada pula mengunakan mobil bak terbuka. 

"Sekarang jalannya sudah enak, Saya bisa bawa sepeda langsung sampai sawah," kata Suto (72) Pemilik sawah yang letaknya paling ujung selatan dekat perbatasan Desa Punggur.

M. Choirul Huda (Kanan) memantau pembuatan Jalan Lingkar (Foto : DIN/KIMSPot)


Dalam suatu kesempatan, Kepala Desa Sedahkidul menyampaikan pandangannya tentang jalan baru ini kepada KIM Sendang Potro. Ia berharap jalan ini bukan sekedar untuk jalan petani ke sawah saja. Namun hendaknya dapat digunakan sebagai multi fungsi dari segi keamanan maupun kesehatan. 

"Sedahkidul ini punya potensi yang banyak. Bukan hanya pertanian saja. Jalan baru jadi itu hendaknya dapat dimanfaatkan pula untuk jalur pengamanan dan kesehatan. Bahkan bisa jadi sarana refresing sambil menikmati udara pedesaan yang bersih di tengah alam pertanian yang terbuka," Ujar M Choirul Huda Kepala Desa Sedahkidul.

Menurutnya jalan baru ini adalah tonggak awal penanganan masalah petani. dengan adanya jalan ini petani dapat menekan "cos" produksi padi. Selain itu pembuatan jalan juga sudah sesuai dengan rencana dan tata ruang desa sehingga diharapkan dapat dijadikan solusi dari masalah kepadatan penduduk.

Selaras dengan harapan Kades, ada salah satu pemuda anggota karang taruna berharap diadakan jalan sehat seperti tahun lalu.  Tujuannya selain memberikan kemeriahan, memupuk rasa persatuan juga untuk kesehatan. 

"Saya berharap ada jalan sehat keliling desa seperti tahun lalu. Alangkah meriahnya bila dapat dilakukan lagi tahun ini. Apalagi kalau digabung dengan acara pembukaan jalan baru," Ujar Priyo Harianto (26) salah seorang Anggota Karang Taruna Potro Muda. (*) 

Penulis : DIN/KIMSPot

0 komentar:

Posting Komentar

VLOG SENDANG POTRO

APBDesa 2018 Desa Sedahkidul

Terpopuler

 
Support : Sedahkidul | Purwosari | Bojonegoro
Copyright © 2014. KIM Sendang Potro - All Rights Reserved